Puskesmas Sipayung

Puskesmas_Sipayung

Puskesmas Sipayung merupakan salah satu Puskesmas yang terletak di wilayah perkotaan, tepatnya di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Letak Puskesmas Sipayung sangat strategis karena berada di jantung kota Rengat sehingga menjadi ikon fasilitas kesehatan di Kabupaten Indragiri Hulu. Berdasarkan sejarahnya, lokasi Puskesmas Sipayung pada awalnya merupakan bangunan RSUD Kabupaten Indragiri Hulu dan sejak Juli 2002 bangunan tersebut dialihfungsikan menjadi Puskesmas seiring dengan berpindahnya lokasi RSUD ke Pematang Reba.

Kata Sambutan

Kata Sambutan

Ka Puskesmas Sipayung dr. M. SOBRIDengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan “Profil Kesehatan Puskesmas Kuala Cenaku tahun 2014” dapat terselesaikan dengan baik. Profil Kesehatan Puskesmas adalah salah satu sarana yang dapat digunakan untuk melaporkan pemantauan & evaluasi terhadap pencapaian hasil pembangunan kesehatan, termasuk kinerja dari penyelenggaraan pelayanan minimal dibidang kesehatan di Puskesmas Kuala Cenaku.

Profil Kesehatan ini pada intinya berisi berbagai data informasi yang menggambarkan situasi & kondisi kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kuala Cenaku yang dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan perencanaan di masa yang akan datang.Landasan dalam penyusunan Profil Kesehatan ini adalah semua kegiatan pada jenis-jenis Pelayanan Kesehatan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta hasil cakupan/pencapaian dari program kesehatan yang ada di Puskesmas Kuala Cenaku dan Pustu serta Puskesdes yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Kuala Cenaku.

Kami menyadari bahwasannya Profil Kesehatan ini masih banyak kekurangan, namun kami berkeyakinan masalah ini akan dapat diatasi  dengan upaya melakukan optimalisasi Tugas & Fungsi masing-masing pengelola Program di Puskesmas, Bidan Desa, dan penanggung jawab Pustu. Dengan tersusunnya “Profil Kesehatan Puskesmas Kuala Cenaku” ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak dan untuk penyempurnaan di masa yang akan datang. Saran serta pendapat sangat kami harapkan sehingga Profil Kesehatan ini dapat akurat, Tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan.

Akhir kata atas perhatian & kerjasamanya yang baik segala pihak yang telah berkonstribusi dalam penyusunan Profil Kesehatan Puskesmas Kuala Cenaku Tahun 2012 ini, terutama dari seluruh Staf Puskesmas Kuala Cenaku diucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

KEPALA UPT PKM SIPAYUNG
dr. M. Sobri

Visi, Misi dan Motto

Visi, Misi dan Motto

V I S I

Mewujudkan Pelayanan Kesehatan yang terbaik & Profesional Untuk Masyarakat Kuala Cenaku Menuju Indragiri Hulu Sehat 2015

M I S I

Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Bermutu, Merata dan terjangkau serta Mendorong Masyarakat berperilaku hidup Bersih dan Sehat

M O T O

Kesehatan Anda Tujuan  Kami, Kesembuhan Anda Harapan Kami
Kami siap MELAYANI dengan SETULUS HATI

Gambaran Umum

Gambaran Umum

UPT Puskesmas Sipayung merupakan salah satu Puskesmas yang terletak di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Wilayah kerja UPT Puskesmas Sipayung terdiri dari 3 (tiga) kelurahan dan 5 (lima) Desa yang berbatasan dengan :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kampung Besar Sebarang
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Paya Rumbai
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Kampung Besar Kota
  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Tambak

Luas wilayah kerja Puskesmas Sipayung ±342,8 km² dengan topografi wilayah sebagian besar berupa dataran rendah dan berawa. Penduduk di wilayah kerja Puskesmas Sipayung berjumlah 21.638 jiwa yang terdiri dari laki-laki 10.913 orang dan perempuan 10.725 orang. Jumlah KK sebanyak 5481 dengan rata-rata jiwa per KK sebesar 3,9. Rata-rata kepadatan penduduk di wilayah kerja Puskesmas Sipayung adalah 63 orang/km².

Peta Sipayung

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Sipayung terdiri dari:

Puskesmas Induk
Fasilitas kesehatan yang terdapat di Puskesmas Induk meliputi PoliklinikUmum, Poliklinik KIA, Apotik, Ruang Tata Usaha dan Gudang Obat, Ruang Pemegang Program serta ruang Rawat Inap.

PuskesmasPembantu
Puskesmas pembantu di wilayah kerja Puskesmas Sipayung terdapat di Desa Sekip Hilir, Pasir Kemilu dan Sungai Raya

Puskesmas Keliling
Terdapat 1 unit ambulans untuk melaksanakan Puskesmas keliling

Polindes
Terdapat 4 Polindes di wilayah kerja Puskesmas Sipayung yang terletak di Desa Sungai Beringin, Pulau Gajah, Rawa Bangun dan Sekip Hilir

Ketenagaan

Ketenagaan

Sumber daya manusia (SDM) yang terdapat di Puskesmas Sipayung berjumlah 101 orang yang terdiri dari:

  1. Dokter umum berjumlah 5 orang
  2. Dokter gigi berjumlah 1 orang
  3. Sarjana Kesehatan Masyarakat berjumlah 1 orang
  4. Perawat berjumlah 35 orang
  5. Bidan berjumlah 45 orang
  6. Analis Kesehatan berjumlah 1 orang
  7. Tenaga Kesling berjumlah 1 orang
  8. Apoteker berjumlah 1 orang
  9. Asisten Apoteker berjumal 2 orang
  10. Perawat gigi berjumlah 1 orang
  11. Pelaksana gizi berjumlah 1 orang
  12. Tenaga administrasi berjumlah 4 orang
  13. Tenaga penunjang lainnya berjumlah 2 orang

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Maaf, masih dalam perbaikan

Galeri

Galeri

Hubungi Kami

Hubungi Kami

some text

2 komentar

  1. Puskesmasnya bagus, semoga visi misinya terlaksana dengan baik. salam kenal Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik Untuk Si Kecil

  2. Ikuan nyimak, semoga pelayanannya makin baik lagi kedepannya. sukses

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>