Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2015

Penilaian Nakes Teladan 1Rengat – Dinkes Inhu. Tenaga kesehatan terutama yang mengabdi di Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat sehingga peran tenaga kesehatan sangat penting dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai investasi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan tenaga kesehatan di Puskesmas disamping sangat menentukan tingkat kepuasan masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan dan pencapaian target berbagai program kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menghargai kinerja dan dedikasi yang telah diberikan tenaga kesehatan di Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu kembali mengadakan penilaian tenaga kesehatan teladan tahun 2015. Penilaian tenaga kesehatan teladan ini dilakukan secara berjenjang yang dimulai dari seleksi internal di masing-masing Puskesmas. Tenaga kesehatan yang terpilih pada seleksi internal tersebut mewakili Puskemasnya untuk mengikuti seleksi ditingkat kabupaten. Tahap selanjutnya dilaksanakan penilaian di tingkat kabupaten yang dilakukan oleh Tim Penilai Kabupaten terhadap perwakilan tenaga kesehatan dari masing-masing Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Rika Varia Nora, SSiT, MPH menyatakan bahwa pemilihan tenaga kesehatan teladan di Puskesmas diharapkan dapat menjadi satu motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di Puskesmas sehingga dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis dan professional, memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta dapat memegang teguh etika profesi.

Penilaian Nakes TeladanProses penilaian tenaga kesehatan teladan di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2015 telah memasuki tahap penilaian di tingkat kabupaten. Pada Kamis (21/5/2015) bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu dilakukan penilaian tenaga kesehatan teladan Kabupaten Indragiri Hulu oleh Tim Penilai Kabupaten.  Ketua Panitia Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2015 dr. Mohd. Zainul Arifin menjelaskan bahwa kriteria penilaian tenaga kesehatan teladan tahun 2015 antara lain dengan melihat kinerja tenaga kesehatan tersebut sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, sebagai pemberi pelayanan kesehatan Strata Pertama, sebagai pegawai Puskesmas, sebagai tenaga kesehatan profesional, sebagai anggota masyarakat, selain itu tim penilai juga melihat masa kerja, tanda penghargaan yang pernah diterima, pendidikan dan latihan yang pernah diterima, serta keadaan geografis wilayah kerja. Ditambahkan lagi oleh dr. Zainul bahwa tenaga kesehatan yang terpilih pada tahap ini akan mewakili Kabupaten Indragiri Hulu untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Riau.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Penilai Kabupaten akhirnya ditetapkan beberapa nama tenaga kesehatan teladan pertama di Kabupaten Indragiri Hulu berdasarkan jenis ketenagaannya. Dari tenaga medis sebagai teladan pertama adalah dr. Fifi Piska, dari tenaga paramedis perawat sebagai teladan pertama adalah Sapta Kurniasih, AMK, dari tenaga gizi sebagai teladan pertama adalah Riris Hotna Uli. S, AMG dan dari tenaga kesehatan masyarakat sebagai tenaga teladan pertama adalah Dwi Ahmad Sudrajat, SKM. Tenaga kesehatan teladan tersebut disamping akan mewakili Kabupaten Indragiri Hulu untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Riau juga berhak memperoleh piagam perhargaan dan uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,- untuk masing-masing kategori.

“Kita berharap dan berdoa semoga tenaga kesehatan teladan Kabupaten Indragiri Hulu dapat terpilih menjadi tenaga kesehatan teladan di tingkat provinsi dan berhak mewakili Provinsi Riau untuk berkompetisi di tingkat nasional sehingga dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Indragiri Hulu”, ujar dr. Zainul.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Rika Varia Nora, SSiT, MPH menyampaikan ucapan selamat kepada tenaga kesehatan teladan Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2015.

“Kami mengucapkan selamat kepada tenaga kesehatan teladan Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2015, semoga prestasi yang telah diraih saat ini dapat terus ditingkatkan sehingga pengabdian dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan menjadi lebih optimal dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, disamping itu kepada tenaga kesehatan lainnya yang belum terpilih kami berpesan agar terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya serta mendedikasikan kemampuan dan pengetahuannya dalam pembangunan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu khususnya masyarakat di wilayah kerja Puskesmasnya”, tutup Sekretaris.

 

1 komentar

  1. Semoga penilaian tenaga kesehatan kab inhu benar2 jujur dan transparan sehingga tenaga kesehatan tersebut benar2 berkwalitas

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>