Puskesmas Seberida

seberida1Pembangunan Puskesmas Seberida merupakan pemekaran dari puskesmas Pangkalan Kasai dengan tujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang tinggal jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan, Puskesmas Seberida dibangun dalam rangka menyelenggarakan pelayanan Kesehatan dasar, menyeluruh dan terpadu dan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di tingkat Kecamatan. Puskesmas Seberida terletak di Desa Seberida Kecamatan Batang Gangsal sekitar 65 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu. Berstatus sebagai Puskesmas non rawatan maka pelayanan kesehatan yang diberikan diprioritaskan pada upaya-upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Kata Sambutan

Kata Sambutan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

seberida_kapusPuji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat yang diberikan sehingga laman website Puskesmas Seberida ini dapat di susun walaupun masih belum optimal. Laman website Puskesmas Seberida ini merupakan salahsatu produk penting dari sistim Informasi Kesehatan sekaligus sebagai sarana untuk memantau dan mengevaluasi pencapaian Visi Kecamatan Sehat  dan memberikan gambaran kesehatan di wilayah Puskesmas Seberida.

Di era Desentaralisasi pemanfaatan data sebagai acuan sangat penting dalam menyusun perencanaan baik di tingkat Puskesmas maupun di tingkat Kabupaten sehingga lebih terarah dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan setiap program di Puskesmas. Data yang disajikan pada laman ini bersumber dari Profil Kesehatan Puskesmas Seberida yang mencakup seluruh program (Basic Six) Puskesmas. Dalam Penyusunan laman ini ada beberapa hambatan yang ditemui sehingga bila ada kekurangan mohon di maklumi.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan laman website seberida ini. Semoga melalui laman website ini Puskesmas Seberida dapat semakin dikenal dan menjadikan motivasi untuk malayani semakin lebih baik lagi.

Terimakasih.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala UPT Puskesmas Seberida

dr. Alfajar Harahap

Visi, Misi dan Motto

Visi, Misi dan Motto

V I S I

Menjadikan Puskesmas Seberida  sebagai unit pelayanan kesehatan yang menjadi pilihan masyarakat di Kecamatan Batang Gangsal dalam  memberikan pelayanan  prima di wilayah kerjanya  demi mendukung tercapainya derajat kesehatan yang optimal (Indonesia Sehat 2015)

M I S I

  1. Melakukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pelayanan pelanggan
  2. Memberikan  kesempatan kepada pegawai  untuk meningkatkan kualitas diri dengan cara mengikuti pendidikan,pelatihan dan ketrampilan agar dapat memberikan  pelayanan yang profesional
  3. Mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara menyeluruh
  4. Menggalang kemitraan pelayanan kesehatan diwilayah kerja Puskesma.

KEBIJAKAN MUTU

Puskesmas Seberida bertekad  memberikan pelayanan prima dengan  berupaya memenuhi persyaratan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku  secara konsisten untuk mencapai kepuasan pelanggan

MOTTO

CANTIK

Cepat

Aman

Nyaman

Terukur

Inovatif

Kredibel

Gambaran Umum

Gambaran Umum

Kondisi Geografis

Wilayah kerja Puskesmas Seberida mencakup seluruh Kecamatan Batang Gangsal. Luas Wilayah Kerja Puskesmas Seberida ±1.298,3 Km² dengan batas batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara dengan Kecamatan Seberida
  • Sebelah Selatan dengan Propinsi Jambi
  • Sebelah Timur dengan Kab Indragiri Hilir
  • Sebelah Barat dengan kecamatan Rakit Kulim

Wilayah kerja Puskesmas Seberida mencakup 10 desa yaitu:

  1. Desa Ringin
  2. Desa Belimbing
  3. Desa Seberida
  4. Desa Usul
  5. Desa Siambul
  6. Desa Rantau Langsat
  7. Desa Talang Lakat
  8. Desa Sungai Akar
  9. Desa Danau Rambai
  10. Desa Penyaguan

Kecamatan  Batang  Gansal  merupakan  satu-satunya  kecamatan  di  Kabupaten Indragiri Hulu yang secara umum keadaan topografinya berbukit. Dari segi jarak, Desa Danau Rambai merupakan desa terjauh dari pusat kabupaten yaitu sekitar 67,5 km dan sekaligus desa terjauh dari pusat kecamatan yaitu sekitar 18,5 km.

Kondisi Demografis

Penduduk  di wilayah kerja Puskesmas Seberida  pada  umumnya  dihuni  oleh  suku  Melayu.  Jumlah  penduduk pada  akhir  tahun  2010  adalah 26.890  orang  terdiri  dari  14.179  laki-laki  dan  12.711 perempuan  yang  berasal  dari 6.517  rumah tangga.  Dengan  demikian sex ratio di Kecamatan  Batang Gansal  adalah sebesar 111,5 dan rata-rata jumlah penduduk per rumah tangga adalah 4 orang. Dari 10  desa  yang ada,  Desa Sungai Akar  memiliki jumlah penduduk paling banyak  diikuti  oleh  Desa Belimbing.  Sementara  Desa  Seberida  memiliki  jumlah penduduk  yang  paling  kecil  dibandingkan  dengan  desa  yang  lainnya.  Jika  jumlah penduduk ini dibandingkan dengan  luas  wilayahnya maka desa Sungai Akar  memiliki kepadatan tertinggi dengan 37,23 Jiwa/km² sementara Desa Rantau Langsat memiliki kepadatan penduduk yang paling rendah  dengan  7,96  Jiwa/km² dan  secara rata-rata kepadatan penduduk di Kecamatan Batang Gansal adalah 16,9  Jiwa/km².

Sarana Pelayanan Kesehatan

Sarana Pelayanan Kesehatan

Mohon maaf, masih dalam proses validasi data

  1. Puskesmas Pembantu … unit
  2. Polindes … unit
  3. Poskesdes … unit
  4. Klinik Swasta … unit
  5. Rumah Bersalin … unit
  6. Apotik … unit
  7. Toko Obat … unit
  8. Posyandu aktif … Pos
  9. Sarana penunjang lainnya berupa mobil Puskesmas keliling … unit dan kendaraan roda dua … unit

Ketenagaan

Ketenagaan

Sumber daya manusia (SDM) yang terdapat di Puskesmas SUngai Parit berjumlah 51 orang yang terdiri dari:

  1. Dokter umum 2 orang
  2. Dokter Gigi 1 orang
  3. Sarjana Kesehatan Masyarakat 1 orang
  4. Bidan 29 orang
  5. Perawat 15 orang
  6. Perawat Gigi 1 orang
  7. Nutrisionis berjumlah 1 orang
  8. Tenaga penunjang lainnya berjumlah 1 orang

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi UPT Puskesmas Seberida

Struktur Organisasi UPT Puskesmas Seberida

Galeri

Galeri

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Silahkan hubungi melalui call center kami

0852 7400 2322

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>