Perbanyak Langkah Cegah Diabetes

stop diabetesPenyakit diabetes mellitus atau biasa dikenal dengan penyakit gula atau kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang angka kesakitannya cenderung terus meningkat. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI Tahun 2013 (Riskesdas 2013) prevalensi diabetes pada penduduk Indonesia berusia 15 tahun keatas mengalami peningkatan yang cukup drastis dari 1,1% pada tahun 2007 meningkat menjadi 2,1% pada tahun 2013. Berarti bahwa saat ini sedikitnya terdapat 2 dari 100 orang Indonesia yang berusia 15 tahun keatas mengalami diabetes.

Diabetes melitus adalah penyakit metabolisme yang merupakan suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang karena adanya peningkatan kadar glukosa darah di atas nilai normal. Gejala klasiknya adalah banyak makan, banyak minum dan banyak kencing terutama malam hari dan disertai penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Seringkali juga disertai gejala penyerta berupa gatal-gatal, mengantuk, kesemutan, mata kabur, impotensi pada pria dan keputihan pada wanita. Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko mengalami diabetes diantaranya umur > 45 tahun, riwayat keluarga, obesitas, kurang aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan konsumsi gula tinggi dan kurang konsumsi buah dan sayur.

Pada umumnya penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan namun dapat dikendalikan. Oleh karena itu upaya pencegahan dan pengendalian menjadi sangat penting. Cara termudah dan paling sederhana untuk mencegah diabetes adalah dengan memperbanyak gerak tubuh, salah satunya dengan memperbanyak langkah. Prof. Dr. Achmad Rudijanto, Sp.PD, KEMD, Ketua Perkumpulan Endikronologi Pusat mengungkapkan bahwa untuk mencegah kalori berlebihan dapat dilakukan dengan berjalan. Bila dalam sehari kita mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, maka dapat dikurangi dengan berjalan. Setiap kalori yang berlebih dapat dihilangkan dengan 25 langkah kaki. Untuk menghilangkan kelebihan kalori, kita cukup mengalikan dengan 25 langkah kaki, misalnya jika kelebihan kalori 100 maka untuk menghilangkannya Anda cukup berjalan sebanyak 2500 langkah. Cara ini cukup sederhana namun sangat efektif mencegah diabetes.

Selain itu konsumsi diet seimbang, rendah gula dan lemak serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar juga merupakan cara sederhana yang efektif mencegah diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi asupan gula dan karbohidrat yang dikonsumsi. Buah-buahan dan sayur segar merupakan sumber makanan kaya bioflavonoid (zat warna dalam buah-buahan dan tanaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid akan merangsang produksi insulin dan menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein.

Kunci keberhasilan pencegahan diabetes adalah berperilaku sehat. Sebelum terlambat, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini dan memulai gaya hidup sehat.

1 komentar

  1. dengan aktifitas cukup maka dapat menguatkan otot tubuh dan membantu insulin dalam penyerapan glukosa dalam darah

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>