Pertemuan Kepala Puskesmas Pembantu Se-Kabupaten Indragiri Hulu

Pertemuan KapustuRengat-Dinkes Inhu. Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan jejaring kerja Puskesmas dalam rangka mendekatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Di Kabupaten Indragiri Hulu terdapat 133 pustu yang tersebar pada beberapa desa di setiap kecamatan. Setiap petugas Pustu merupakan ujung tombak dan garda terdepan pelayanan kesehatan di masyarakat. Oleh karena itu peranan petugas Pustu sangat penting dalam mencapai visi Kabupaten Indragiri Hulu untuk mewujudkan masyarakat Indragiri Hulu yang sejahtera dan visi Dinas Kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Menyadari pentingnya peranan Puskesmas Pembantu tersebut, pada Senin (31/8/2015), Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat mengadakan Pertemuan Kepala Pustu Se-Kabupaten Indragiri Hulu yang bertempat di Aula Wisma Happy Pematang Reba. Pertemuan ini dihadiri oleh 133 Kepala Pustu Se-Kabupaten Indragiri Hulu dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu H. Suhardi, SE, M.Si, MM, MH.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Rika Varia Nora, S.SiT, MPH menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi kinerja dan pelayanan petugas Pustu dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Indragiri Hulu khususnya di masing-masing wilayah kerja Pustu tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai materi yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi petugas kesehatan penanggung jawab Pustu serta pencapaian berbagai program, permasalahan kesehatan dan kendala yang dihadapi oleh petugas kesehatan dalam melaksanakan tugasnya.

Pertemuan Kapustu 1“Materi yang dibahas pada pertemuan ini adalah materi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi penanggungjawab Pustu dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif di wilayah kerjanya masing-masing. Selain itu, pertemuan ini juga membahas program-program yang telah dan belum dilaksanakan untuk mencapai pembangunan kesehatan yang lebih baik serta kendala apa saja yang dirasakan petugas Pustu selama proses pelaksanaan tugas” ujar Sekretaris.

Berdasarkan pertemuan tersebut ditemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh petugas kesehatan di Pustu dalam menjalankan tugasnya.

“Terdapat beberapa Pustu yang jangkauan wilayahnya sulit dan terbatas, namun hal ini masih bisa diatasi dengan membuat kegiatan di luar gedung yang telah direncanakan oleh petugas Pustu setiap bulannya. Selain itu, tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh petugas Pustu memerlukan tanggungjawab yang besar, karena program-program yang ada di Puskesmas juga harus dilaksanakan oleh Pustu sesuai dengan sasaran jumlah penduduk dan wilayah kerjanya, serta kemandirian hidup sehat pada masyarakat belum terbentuk secara maksimal. Hal ini merupakan tantangan bagi petugas Pustu dalam memberikan pelayanan kesehatan dan pembangunan kesehatan yang baik dan optimal” ungkap Sekretaris.

Menyikapi hal tersebut, Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu dalam pertemuan ini memberikan pembinaan kepada penanggung jawab Pustu tentang bagaimana manajemen administrasi dan pembuatan schedule serta rencana kerja bulanan dan tahunan yang matang, sehingga tugas pokok dan fungsi dalam memberikan pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Pelaksanaan tugas tersebut akan dipantau oleh masing-masing Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu sebagai atasan langsung petugas penanggung jawab Pustu.

Selain itu, pada kesempatan ini juga diminta kepada seluruh penanggung jawab Pustu untuk memberikan aspirasi dan masukan tentang apa saja yang harus dilakukan oleh petugas Pustu dan apa saja yang harus difasilitasi Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu kedepannya agar tercipta masyarakat yang memiliki perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

“Seluruh aspirasi tersebut akan dibahas secara internsif dan dijadikan salah satu bahan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu dalam menyusun rencana strategis dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Indragiri Hulu”, tutup sekretaris.

1 komentar

  1. Sebuah langkah tepat pak kadis, dengan melakukan pembinaan langsung ke kapustu, karena selama ini pustu jarang tersentuh, biasanya hanya diundang di tingkat puskesmas induk. salut

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>