Ketahui Cara dan Waktu Penting Cuci Tangan Pakai Sabun Untuk Cegah Penyakit

cuciMencuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit diantaranya ISPA dan diare. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak. Setiap tahun, sedikitnya 3,5 juta anak di seluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur lima tahun karena penyakit diare dan ISPA. Menurut UNICEF, Indonesia merupakan satu dari 15 negara dengan jumlah tertinggi kematian anak di bawah 5 tahun akibat diare dan infeksi saluran pernapasan, yaitu 29.000 kasus per tahun.

Berdasarkan penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun terbukti efektif menekan angka diare sekitar 47 persen. Data UNICEF pun menunjukkan, mencuci tangan pakai sabun mampu mencegah kematian sekitar 2/3 anak di bawah usia 5 tahun di seluruh dunia. Wajar saja jika Kementerian Kesehatan RI menjadikan cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu dari sepuluh indikator perilaku hidup bersih dan sehat karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari perilaku sederhana itu.

Sebagai wujud kepedulian akan pentingnya membentuk perilaku mencuci tangan pakai sabun, setiap tanggal 15 Oktober dunia memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya memiliki kebiasaan mencuci tangan pakai sabun. Untuk membentuk perilaku tersebut minimal harus dilakukan selama 21 hari dengan konsisten dan disiplin.

7 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

Badan Kesehatan Dunia – WHO telah merekomendasikan gerakan 7 langkah cuci tangan pakai sabun yang benar. Cuci tangan 7 langkah merupakan tata cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan jari-jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan anda pakai sabun akan menjaga kesehatan tubuh Anda dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan. Bagaimana langkah cuci tangan yang benar?

Berikut ini 7 Langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar:

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembutlangkah-1
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantianlangkah-2
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersihlangkah-3
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkanlangkah-4
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantianlangkah-5
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahanlangkah-6
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.langkah-7

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk kebersihan tangan yang maksimal. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh anda.

5 Waktu Penting Cuci Tangan Pakai Sabun

  1. Setelah dari jamban
  2. Setelah membersihkan anak yang buang air besar
  3. Sebelum menghidangkan makanan
  4. Sebelum makan
  5. Setelah memegang hewan atau benda kotor

 CRUoOP0UwAApRqj.jpg large

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>