Ketahuilah Dampak Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Tubuh

008934600_1444378539-bigstock-eye-strain-glasses-tired-68342218

Kurang tidur memang terdengar hanya merupakan masalah sepele sehingga sering diabaikan dan dianggap biasa saja. Kenyataan ini membuat lembaga pengendalian penyakit AS – Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menggolongkan fenomena kekurangan tidur ini sebagai epidemi kesehatan publik. Kurang tidur bukanlah masalah mudah karena dampaknya terhadap kesehatan tubuh sangat bermakna. Para peneliti yang tergabung dalam The American Academy of Sleep Medicine serta The Sleep Research Society, merekomendasikan waktu tidur Anda minimal selama tujuh jam dalam semalam. Namun sayangnya, sekitar 30% orang dewasa memiliki kebiasaan tidur kurang dari enam jam dalam semalam.

Perubahan fisik yang terlihat akibat kekurangan tidur adalah mata merah, kantung mata berwarna hitam, sering menguap dan lemas, kulit wajah kadang terlihat pucat dan kerutannya makin terlihat jelas. Selain itu kekurangan tidur juga tidak baik bagi Anda yang sedang berniat menurunkan berat badan. Pasalnya, kurang tidur membuat metabolisme tubuh rendah sehingga pembakaran kalori sedikit.

Selain perubahan fisik, kekurangan tidur juga dapat menimbulkan hal-hal buruk lainnya pada tubuh maupun kesehatan kita. Apa saja dampak kurang tidur lainnya? ini penjelasannya.

1. Gangguan konsentrasi dan memori
Karena kurang tidur, otak pun akan mengalami kesulitan dalam membuat keputusan, berkonsentrasi, serta mengingat sesuatu. Kondisi ini tentunya akan menggangu kinerja dan produktifitas Anda.

2. Sistem Imun Melemah
Fakta ini sebenarnya sering ditunjukkan oleh tubuh. Jika Anda kurang tidur, biasanya bangun pagi akan dibarengi dengan pilek atau pusing. Ini merupakan tanda bahwa kekurangan tidur membuat Anda mudah terserang virus. Tidur cukup mampu membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

3. Mood Buruk
Orang yang kekurangan tidur biasanya menjadi sensitif dan mudah tersinggung. Studi juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam sehari memiliki suasana hati buruk. Mereka sering merasa stress, sedih, dan marah.

4. Gangguan pada sistem prmbuluh darah dan jantung (kardiovaskuler)
Peneliti sudah melakukan studi terhadap 3.000 orang dewasa berusia 45 dan mengetahui fakta bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam semalam berisiko dua kali lebih besar terkena stroke serta serangan jantung. Mereka juga berisiko lebih dari satu setengah kali lipat untuk terkena gagal jantung. Menurut para peneliti, waktu tidur ideal adalah enam hingga delapan jam per hari.

5.Gula Darah Tak Seimbang
Orang yang hanya tidur sekitar empat hingga enam jam semalam akan mengalami masalah dengan toleransi glukosa. Orang yang bermasalah seperti ini mengalami penyakit pra-diabetes dan sangat berisiko menjadi penderita diabetes.

6. Metabolisme Turun
Orang yang kekurangan tidur ternyata cenderung lebih gemuk karena alasan yang satu ini. Kurang tidur membuat Anda lebih bernafsu untuk makan padahal tubuh justru tidak mampu mencernanya dengan baik karena metabolisme menurun.

7. Penampilan Tua
Orang yang kurang tidur cenderung terlihat tua karena matanya berkantung, kulitnya keriput, dan wajahnya terlihat lelah. Jika ingin terlihat awet muda. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Nah, itulah beberapa dampak kurang tidur terhadap tubuh kita. Setelah mengetahuinya, apakah Anda masih ingin terus bergadang setiap malam? lebih baik jauhi kebiasaan tidak sehat tersebut.

Sumber Bacaan: dari berbagai sumber

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>