Jangan Ragu Imunisasikan Balita Anda, Kemenkes Jamin Keamanan & Keaslian Vaksin di Puskesmas

imunisasi

Para orang tua yang membawa anaknya untuk melakukan imunisasi di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) Pemerintah sama sekali tidak perlu khawatir dengan pemberitaan adanya vaksin palsu. Hal ini dikarenakan vaksin pengadaan pemerintah untuk program nasional imunisasi dasar lengkap dijamin keamanannya.

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) menegaskan bahwa vaksin yang digunakan pada program imunisasi wajib terjamin keamanannya. Menurut Menkes vaksin yang dikeluarkan oleh pemerintah dibuat oleh PT. Biofarma yang merupakan perusahaan BUMN. Vaksin tersebut dibeli oleh Kemenkes setelah selesai di cek pre-market oleh BPOM dan diberikan ijin edarnya. Kemudian Kemenkes memberikannya kepada Dinkes di seluruh Indonesia untuk didistribusikan kepada Puskesmas, Posyandu, dan fasilitas layanan kesehatan swasta.

Menanggapi pertanyaan media seputar vaksin impor yang banyak dipalsukan, Menkes menyatakan bahwa sebenarnya Pemerintah telah menyediakan vaksin untuk imunisasi wajib. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa imunisasi wajib juga dapat diberikan dengan membeli vaksin impor, karena itu pilihan masyarakat.

Mengenai kualitas dan ketersediaan jumlah, Menkes menjamin bahwa vaksin program buatan Biofarma sama baiknya dengan vaksin impor. Selain itu, Menkes juga menyatakan bahwa jumlah vaksin yang disediakan Pemerintah cukup untuk memenuhi kebutuhan imunisasi dasar lengkap anak-anak Indonesia.

Tahun 2016, vaksin imunisasi yang disediakan Pemerintah meliputi 9 jenis, yaitu vaksin hepatitis B rekombinan, BCG, trivalen Oral Polio Vaccine, bivalen Oral Polio Vaccine, Inactivated Polio Vaccine (IPV), campak, Difteri Tetanus (DT), Tetanus difteri (Td), dan pentavalen DPT-HB-Hib. Penyediaan anggaran setiap tahun dialokasikan untuk penyediaan vaksin bagi seluruh sasaran bayi.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>