Retinoblastoma, Tumor Ganas yang Dapat Menyerang Bayi dan Anak Balita

retinoblastoma

Retinoblastoma adalah tumor ganas primer pada mata, yang dapt dijumpai pada bayi dan anak usia di bawah 5 tahun. Kondisi ini dapat terjadi pada satu sisi atau kedua mata. Selain mengakibatkan kebutaan, penyakit ini dapat juga menyebabkan kematian.

Siapa yang berisiko menderita retinoblastoma?

  • Bayi dan anak usia di bawah 5 tahun
  • Dalam keluarga ada yang menderita retinoblastoma

Bagaimana menemukan retinoblastoma secara dini?

mata-manik-retinoblastoma

Mata Manik Retinoblastoma

Apabila menemukan gejala atau tanda berupa manik mata putih atau mata kucing pada bayi/anak usia kurang dari 5 tahun, segera periksakan mata anak ke dokter. Manik mata berwarna putih merupakan bayangan putih yang tampak pada bagian tengah mata. Sementara itu mata kucing merupakan maya yang bersinar kekuningan di tempat gelap, persis seperti mata kucing.

Selain gejala tersebut diatas, dapat pula dijumpai:

  1. Mata juling
  2. Mata merah
  3. Pembesaran bola mata
  4. Peradangan jaringan bola mata
  5. Penglihatan buram

Apakah anak dengan manik mata putih pasti retinoblastoma?

Belum tentu. Selain terdapat pada retinoblastoma, manik mata putih bisa terlihat pada keadaan katarak, persistent hyperplasia primary vitreous (PHPV), ablatio retina. Cara membedakannya harus dilakukan pemeriksaan lanjutan, seperti USG mata yang dilakukan oleh spesialis mata.

Bagaimana cara mengenali retinoblastoma?

Retinoblastoma dapat dikenali lebih awal dengan ditemukannya manik mata putih. Keadaan ini dapat diperiksa di Puskesmas dengan alat yang disebut oftalmoskop direk untuk tes lihat merah/uji reflek fundus merah.

Dapatkah retinoblastoma disembuhkan?

Apabila retinoblastoma ditemukan dan diobati pada stadium awal, makin tinggi angka keberhasilan dan harapan hidupnya. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara operasi, dengan atau tanpa kombinasi dengan kemoterapi/radioterapi. Pada stadium yang sudah lanjut, kadang tidak dapat dihindari operasi untuk mengangkat mata. Bila anak ini bertahan, dapat dipasang mata palsu agar penampilan anak secara kosmetik tetap baik.

Sumber Bacaan:
Kemenkes RI. (2015). Buku Saku Penemuan Dini Kanker Pada Anak.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>