Dinas Kesehatan Sinergikan Perencanaan Tingkat Puskesmas dengan Musrenbang

16508211_330745153986983_8570349170443968972_n

Rengat-Dinkes Inhu. Penyelenggaraan upaya kesehatan di Puskesmas akan optimal jika dilaksanakan dengan manajemen Puskesmas yang baik. Manajemen Puskesmas merupakan serangkaian kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yang mencakup 3 komponen utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian, serta pengawasan dan pertanggungjawaban.

Sebagai langkah awal dalam manajemen puskesmas, tahapan perencanaan menjadi komponen penting yang paling menentukan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan di Puskesmas. Perencanaan merupakan suatu proses runutan kegiatan yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara berhasilguna dan berdayaguna.

Perencanaan Tingkat Puskesmas (PTP) diartikan sebagai proses penyusunan rencana kegiatan Puskesmas pada tahun yang akan datang yang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Perencanaan tingkat Puskesmas akan memberikan pandangan menyeluruh terhadap semua tugas, fungsi dan peranan yang akan dijalankan dan menjadi tuntunan dalam proses pencapaian tujuan Puskesmas secara efisien dan efektif.

Agar PTP sejalan dengan perencanaan pembangunan secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten, maka perlu dilakukan sinergisitas dalam proses penyusunannya. Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu telah menjadwalkan kegiatan penyusunan PTP melalui lokakarya mini UPT Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan secara maraton selama Minggu Pertama dan Kedua di Bulan Februari ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Muhammad Yunus, S.Sos, MM disela kesibukannya mengikuti Lokakarya Mini di beberapa Puskesmas dan Musrenbang menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan PTP pada kurun waktu ini sangat penting karena hasil dari PTP yang telah disusun akan dibawa dan disinergikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

“Diharapkan rencana yang telah disusun di tingkat Puskesmas tersebut sejalan dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan lintas sektor terkait dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas. Disamping itu kita berharap agar segala aspirasi dan usulan yang dihimpun dari PTP maupun Musrenbang Desa dan Kecamatan terkait pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas dapat diakomodir pada Musrenbang Tingkat Kabupaten,” Ujar Kadiskes.

Melalui perencanaan yang matang dan tersinergi baik dengan lintas sektor terkait, diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Sehingga pembangunan kesehatan yang merupakan salah satu prioritas dan fokus perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat dan berdampak terhadap peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>