Pertemuan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program KIA & KB Tingkat Puskesmas Angkatan I & II Tahun 2017

IMG-20170321-WA0011

Rengat – Dinkes Inhu. Salah satu faktor penentu keberhasilan Program kesehatan adalah proses penyusunan perencanaan dari kegiatan itu sendiri. Agar perencanaan program kesehatan yang disusun berdaya guna dan tepat guna, maka perlu didukung oleh ketersediaan data yang akurat, representatif dan reliable sehingga dapat menggambarkan secara utuh situasi dan kondisi yang sebenarnya. Untuk itu, setiap program kesehatan harus memiliki data yang berkualitas agar dapat menjadi evidence base dalam penyusunan program yang berdayaguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu program kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berperan besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah Program Kesehatan Ibu Anak dan Keluarga Berencana (KIA & KB). Untuk menciptakan program yang berdayaguna, maka harus didukung dengan ketersediaan data KIA dan KB yang berkualitas.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat pada Senin (20/03/2017) mengadakan Pertemuan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program KIA dan KB Tingkat Puskesmas Angkatan I dan II Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tepatnya pada tanggal 20 – 23 Maret 2017 yang bertempat di Aula Wisma Happy Pematang Reba. Sebagai peserta pertemuan ini adalah seluruh Bidan Koordinator UPT Puskesmas, Penanggung Jawab Program Kesehatan Ibu UPT Puskesmas, Penanggung Jawab Program Kesehatan Anak UPT Puskesmas, Penanggung Jawab Program KB Puskesmas, serta penanggung jawab program KIA dan KB Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Seksi KIA, Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, Veny Rismayanti, SST, MPH, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bidan Koordinator dan penanggung jawab KIA dan KB dalam pencatatan dan pelaporan data program KIA dan KB.

“Melalui pertemuan ini diharapkan Bidan Koordinator Puskesmas dan penanggung jawab program KIA dan KB di Puskesmas maupun di Dinas Kesehatan mampu melaksanakan pencatatan serta pelaporan pelayanan KIA dan KB sesuai dengan prosedur administrasi yang berlaku serta mendapakan data yang akurat yang nantinya dapat digunakan sebagai alat pengambil keputusan dalam rangka pengelolaan rencana dalam bidang kesehatan”, jelasnya. (Dinkes TMC)

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>