Tahun 2017 ini, Survei Akreditasi Puskesmas Dilaksanakan Di Kabupaten Indragiri Hulu

IMG_2592

Rengat-Dinkes Inhu. Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu alat untuk mengukur mutu pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas serta mendapatkan pengakuan formal yang diberikan Badan Akreditasi terhadap kompetensi yang dimiliki oleh Puskesmas. Sesuai dengan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, pada tahun 2017 pelaksanaan akreditasi Puskesmas dilaksanakan secara Nasional di seluruh Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI. Menyikapi Permenkes tersebut, pada tahun ini Kabupaten Indragiri Hulu akan mempersiapkan 8 (delapan) Puskesmas yang akan dilaksanakan survei akreditasi Puskesmas tersebut.

Langkah-langkah persiapan menuju akreditasi Puskesmas sebenarnya telah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu bersama Puskesmas sejak tahun lalu. Berbagai kegiatan, dokumen pendukung dan aspek legalitas lainnya telah dipersiapkan Tim secara bersama dan terkoordinasi. Semuanya dilakukan dalam rangka mempersiapkan Puskesmas agar dapat melalui survei akreditasi dengan harapan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebagai tahap awal, survei akreditasi Puskesmas tahun ini dilaksanakan terhadap 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Pangkalan Kasai dan Puskesmas Sungai Lala. Pada Rabu (19/04), Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas yang berasal dari Kementerian Kesehatan RI telah tiba di Kabupaten Indragiri Hulu untuk mulai melaksanakan tugasnya. Kedatangan Tim ini disambut langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal, M.Si mewakili Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Muhammad Yunus, S.Sos, MM beserta jajaran Dinas Kesehatan.

Dalam sambutannya, Plt. Sekdakab Inhu menyampaikan bahwa melalui akreditasi Puskesmas ini diharapkan kinerja Puskesmas akan menjadi lebih baik sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan semakin berkualitas dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu.

IMG_2598“Terima kasih dan selamat datang saya ucapkan kepada Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas yang akan melaksanakan survei besok ke Puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu. Saya berharap dengan adanya pelaksanaan akreditasi ini, kinerja Puskesmas menjadi lebih baik lagi sehingga standar pelayanaan minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten Indragiri Hulu yang merupakan indikator kinerja Pemerintah Daerah dapat tercapai serta kesadaran masyarakat untuk berobat ke Puskesmas ketika sakit semakin meningkat,” ungkap Sekda.

Pada kesempatan ini pula Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Muhammad Yunus, S.Sos, MM menyampaikan bahwa pengukuran mutu Puskesmas tidak hanya dengan menggunakan indikator output akan tetapi juga harus menggunakan indikator input agar penilaian mutu Puskesmas lebih komprehensif.

“Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas, diperlukan indikator atau alat untuk mengukur mutu tersebut. Alat ukur yang sampai saat ini digunakan untuk menilai mutu Puskesmas adalah penilaian kinerja Puskesmas. Penilaian ini dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil yang telah dicapai dengan target atau rencana yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, pengukuran mutu Puskesmas tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator output. Agar penilaian mutu Puskesmas dapat lebih komprehensif, maka penilaian mutu seyogyanya dilakukan tidak hanya menggunakan indikator ouput melainkan juga menggunakan indikator input. Salah satu cara pengukuran mutu yang komprehensif adalah pelaksanaan akreditasi Puskesmas,” tutur Plt. Kadiskes.

IMG_2602

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>