Peringatan Hari TB Sedunia Tahun 2017 di Kabupaten Indragiri Hulu

7

Rengat – Dinkes Inhu. Setiap 24 Maret merupakan tanggal peringatan Hari TB Sedunia yang digelar setiap tahunnya. Peringatan hari TB ini ditujukan untuk membangun kesadaran umum tentang penyakit Tuberkulosis serta usaha-usaha untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut. Ditahun 2017 ini, Peringatan Hari TB Sedunia di Indonesia mengusung tema “Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas TB” melalui aksi “Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS) di Keluarga!”.

Dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia tersebut, pada Kamis (23/03) Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) mengadakan beberapa rangkaian kegiatan antara lain senam sehat bersama, sosialisasi singkat tentang penyakit TB dan pencegahannya serta pengobatannya, pemeriksaan kesehatan gratis (tekanan darah, kadar gula darah, kolestrol, dll) dan pembagian souvenir Hari TB Sedunia. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Inhu Evy Irma Junita, SKM, M.Kes selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa Gerakan Masyarakat yang dimaksud dalam tema yang diangkat ditahun 2017 adalah melakukan suatu langkah, tindakan, perilaku, intervensi, kegiatan secara aktif dan massif, yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran terkait penanggulangan TB, menemukan kasus sejak dini serta mendorong pasien TB untuk berobat sampai sembuh.  Sedangkan Menuju Indonesia Bebas TB mengandung makna bahwa untuk satu tujuan yaitu Indonesia Bebas TB pada tahun 2035.

Bersempena dengan peringatan Hari TB Sedunia ini pula, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Muhammad Yunus, S.Sos., MM berpesan kepada seluruh masyarakat agar secara bersama-sama melakukan Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas TB melalui aksi Temukan dan Obati Sampai Sembuh Penyakit TB (TOSS TB) khususnya di lingkungan keluarga.

“Setiap orang bisa berperan dalam penanggulangan TB yaitu dengan memulainya terlebih dahulu lewat diri sendiri dan keluarga terdekat dengan cara Temukan dan Obati Sampai Sembuh atau disingkat dengan TOSS TB. Melalui pengobatan TB yang teratur dan sampai tuntas serta melakukan perilaku hidup bersih sehat, penyakit TB bisa disembuhkan sehingga keluarga sehat, masyarakat Indonesia sehat dan sejahtera. Diharapkan kepada seluruh masyarakat dapat berperan dalam menemukan orang yang terduga TB lebih dini dan mendorong pasien tersebut untuk berobat hingga sembuh” ungkap Kadiskes.

1

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>