Pelatihan Manajemen Terpadu Imunisasi dan KIA Tahun 2017

IMG_20170516_110914

Rengat-Dinkes Inhu. Imunisasi merupakan salah satu program prioritas nasional yang berpengaruh besar dalam menekan Angka Kematian Bayi dan Balita di Indonesia. Salah satu indikator pencapaian pelaksanaan program imunisasi adalah cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi dan persentase desa/kelurahan yang mencapai Universal Child Immunization (UCI). Sampai saat ini, berdasarkan laporan rutin yang disampaikan dari kabupaten/ kota, persentase desa/kelurahan UCI di Indonesia termasuk masih relatif rendah. Demikian pula dengan cakupan imunisasi dasar lengkap yang masih menunjukkan hasil yang belum optimal.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian tersebut, beberapa diantaranya yaitu masih rendahnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan tingginya angka Droup Out (DO), rendahnya kompetensi petugas, minimnya pelatihan serta belum maksimalnya fungsi pembinaan ataupun pendampingan teknis di lapangan yang erat hubungan dengan koordinasi antara Imunisasi dan KIA sampai tingkat Puskesmas. Untuk mengatasi semua kendala tersebut, perlu adanya peningkatan manajemen imunisasi dan KIA secara terpadu.

IMG_20170516_110947Dalam rangka mewujudkan manajemen imunisasi dan KIA terpadu tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang P2P Seksi Surveilans, Imunisasi dan Kesehatan Matra bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada Selasa (16/05) mengadakan Pelatihan Manajemen Terpadu Imunisasi dan KIA Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab. Inhu ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Pengelola Program Imunisasi dan Pengelola Program KIA Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hulu.

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang P2P Evy Irma Junita, SKM, M.Kes yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhu. Dalam sambutannya Kabid P2P menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam manajemen program imunisasi dan KIA secara terpadu.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas petugas imunisasi dan KIA sehingga mereka mampu melakukan pelatihan, pembinaan, pendampingan serta pengawasan yang intensif terhadap pelaksanaan program imunisasi dan KIA sampai tingkat Puskesmas,” ujar Kabid P2P.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>