Pelatihan Surveilans Epidemiologi PTM dan Faktor Risikonya Berbasis Web

IMG_20170518_092448

Rengat-Dinkes Inhu. Penyakit Tidak Menular (PTM) utama diantaranya penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronik di negara berkembang termasuk Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Kondisi ini menyebabkan negara berkembang khususnya Indonesia mengalami tiga beban penyakit (triple bourden disease) yaitu masih banyaknya kasus penyakit menular, meningkatnya kejadian penyakit tidak menular, munculnya penyakit-penyakit baru yang menimbulkan keresahan seperti flu burung, infeksi virus H1N1, Mers-Cov, dsb dan ditambah lagi dengan meningkatnya morbiditas dan mortalitas akibat kecelakaan.

Undang–Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan telah menyatakan bahwa upaya pengendalian PTM merupakan salah satu upaya kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Upaya tersebut dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi. Agar upaya pengendalian PTM dapat dilaksanakan dengan baik, maka perlu dukungan sumber daya kesehatan sebagai aparat pelaksana yang bekerja secara profesional.

Dalam rangka menciptakan SDM kesehatan yang berkualitas dan profesional,  Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang P2P Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Kamis (18/5) mengadakan Pelatihan Surveilans Epidemiologi PTM dan Faktor Risikonya Berbasis Web. Pelatihan dilaksanakan di Aula Wisma Five Boys Pematang Reba dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari Pengelola Program PTM dan Operator Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hulu.

IMG_20170518_104956Kepala Seksi Pengendalian PTM Dinas Kesehatan Kab. Inhu Haryanto, SST, M.Sc selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan bahwa tujuan diadakan pelatihan ini agar dapat meningkatkan kapasitas pengelola program PTM dalam melaksanakan surveilans epidemiologi PTM berbasis website.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Pelatihan Surveilans Epidemiologi PTM dan Faktor Risikonya Berbasis Web adalah untuk meningkatkan kapasitas pengelola program PTM dan Kesehatan Jiwa Napza sehingga mampu melakukan pelatihan, pembinaan, pendampingan serta pengawasan yang intensif terhadap pelaksanaan program Penyakit Tidak Menular sampai tingkat Puskesmas,” Jelasnya.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>