Gerakan Mengemudi Sehat (Gemes) Saat Mudik Lebaran, Ini Dia Tipsnya

Mudik 2017

Gerakan Mengemudi Sehat (Gemes) merupakan suatu gerakan masyarakat yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI dalam rangka mengajak para pengemudi tetap sehat di jalan dan selamat sampai tujuan. Melalui gerakan ini pengemudi dihimbau untuk menghindari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, mengantuk, dan kelelahan karena berkendara dengan kondisi yang tidak sehat sangat membahayakan bagi diri sendiri, penumpang, atau orang lain yang sama-sama berada di jalan.

Agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas maka diperlukan pengemudi “HEBAT“. HEBAT disini merupakan jargon penting dalam Gemes yaitu:

  • H indari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk, dan kelelahan.
  • E nyahkan asap rokok dan alkohol terutama jika akan berkendara.
  • B eri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan.
  • A yo beristirahat jika mengantuk atau kelelahan saat mengemudi.
  • T etapi ingat, penumpang mempunyai risiko akibat kecelakaan yang sama dengan pengendara.

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Tradisi mudik lebaran telah membudaya bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya yang hidup diperantauan. Mudik dengan kendaraan sendiri sering menjadi pilihan utama. Disamping lebih leluasa, juga mempermudah pengaturan jadwal dan tempat yang hendak dikunjungi. Namun perlu diingat bahwa mudik dengan kendaraan sendiri membutuhkan kondisi fisik yang prima terlebih lagi jika kita mengemudi sendiri tanpa ada pengemudi pengganti.

Perjalanan mudik yang panjang dan lama pasti akan menimbulkan kelelahan. Kelelahan akan mengurangi konsentrasi dan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentan terinfeksi. Untuk itu perjalanan mudik harus dipersiapkan seoptimal mungkin agar aman di perjalanan, selamat saat tiba di tempat tujuan dan sehat saat berkumpul bersama sanak keluarga. Berikut ini 15 tips mudik sehat, aman dan selamat bagi anda yang akan menggunakan kendaraan sendiri:

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan
  3. Tidak memakai atau mengkonsumsi obat-obatan atau minuman keras ketika mengemudi
  4. Beristirahat setiap 4 jam perjalanan
  5. Jangan memaksakan diri mengemudi bila lelah dan mengantuk
  6. Disiplin dan patuhi rambu-rambu lalu lintas
  7. Kurangi kecepatan kendaraan Anda saat turun hujan atau cuaca buruk dan waspada kondisi jalan sempit, bergelombang atau rusak
  8. Kendaraan tidak melebihi muatan dan tidak menyalahi peruntukan kendaraan (misalnya untuk perjalanan jauh lebih baik pilih mobil dari pada sepeda motor)
  9. Gunakan masker dan lindungi diri Anda dari asap, debu dan polusi
  10. Tidak menerima makanan/minuman dari orang lain yang tidak Anda kenal
  11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sesering mungkin
  12. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan layak, perbanyak makan buah dan sayur
  13. Buang sampah pada tempat yang benar (tempat sampah)
  14. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan dan jaga toilet umum agar bersih, sehat dan nyaman
  15. Manfaatkan Posko Kesehatan.

Hubungi 119 jika Alami Masalah Kesehatan Saat Mudik

Kementerian Kesehatan RI telah meminta seluruh Dinas Kesehatan di kabupaten/kota agar mengintegrasikan nomor 119 melalui Public Safety Center (PSC) saat mudik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penanggulangan masalah kesehatan pada mudik lebaran 2017.

Nomor layanan medis tersebut dapat diakses 24 jam oleh masyarakat. Pada praktiknya, PSC yang ada di setiap Dinkes kabupaten/kota telah berintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Posko Kesehatan

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan unduh Buka Saku Mudik 2017 Kemenkes RI

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>