Pertemuan Perencanaan Obat Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hulu

IMG-20180327-WA0021Rengat – Dinkes Inhu. Penggunaan obat rasional mencakup segala aspek di Pelayanan Kesehatan baik pelayanan medik maupun pelayanan kefarmasian. Penggunaan Obat dikatakan Rasional apabila pasien menerima pengobatan sesuai dengan kebutuhan klinisnya, dalam dosis yang sesuai dengan kebutuhan, dan dalam periode waktu yang sesuai atau cukup serta dengan biaya yang terjangkau oleh dirinya dan kebanyakan masyarakat. Penyediaan obat yang cukup akan obat yang tepat dan berkualitas dalam jumlah yang cukup sesuai dengan yang dibutuhkan sangat dipengaruhi oleh ketepatan permintaan dari unit pelayanan.

Menyikapi hal diatas, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang SDK dan Kefarmasian Seksi Farmamin dan Alkes mengadakan Pertemuan Perencanaan Obat Puskesmas Se-Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2018 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu. Pertemuan ini diadakan sebanyak 3 (tiga) tahap dengan peserta berjumlah 40 Orang. Tahap pertama diadakan pada tanggal 13 Maret 2018, tahap kedua pada tanggal 20 Maret 2018 dan tahap ketiga pada tanggal 27 Maret 2018. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan perencanaan kebutuhan obat yang matang, tepat guna dan tepat sasaran.

Selaku Ketua Panitia kegiatan ini, Jasman Efendi, SKM menjelaskan bahwa Pertemuan ini bertujuan agar tenaga kesehatan di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu terutama UPTD Puskesmas dapat merencanakan dan memahami kebutuhan obat- obatan dan BMHP (Bahan Medis Habis Pakai) untuk satu tahun kedepan.

Pertemuan ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhu Elis Julinarti, DCN., M.Kes. Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengungkapkan bahwa dengan adanya pertemuan ini diharapkan kepada seluruh tenaga kesehatan terutama tenaga Dokter dan penanggung jawab obat khususnya Apoteker sebagai ujung tombak perencanaan obat dapat merencanakan kebutuhan obat-obatan dan BMHP untuk satu tahun kedepan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan obat-obatan di UPTD Puskesmas demi terlaksananya program penggunaan obat rasional (POR) serta meningkatkan peran dan fungsi pelayanan kefarmasian dalam pelayanan kesehatan dasar.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>