Visi dan Misi

VISI

Mewujudkan Masyarakat Indragiri Hulu yang Mandiri untuk Hidup Sehat

 

MISI

  1. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas;
  2. Meningkatkan Pemberdayaan masyarakat, swasta dan lintas sektor dibidang kesehatan;
  3. Mengembangkan kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan;
  4. Meningkatkan Fungsi Regulasi dalam menjamin Pelayanan Kesehatan yang bermutu;
  5. Meningkatkan Perilaku hidup sehat dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;
  6. Menjamin ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas pelayanan kesehatan yang cukup, merata, terjangkau dan berkualitas.

STRATEGI

  1. Man (Sumber daya Manusia)
    Rekruitmen, penempatan dan pengembangan sumberdaya manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan, tugas dan tanggungjawab pekerjaan sehingga menghasilkan pelayanan yang profesional, terampil dan berkualitas.
  2. Money (Pembiayaan)
    Meningkatkan ketersediaan pembiayaan pembangunan dibidang kesehatan baik yang bersumber pembiayaan pusat atau daerah dalam jumlah yang cukup sebagai suatu motivasi bagi petugas dan untuk melaksanakan upaya pelayanan kesehatan yang bersifat preventif maupun promotif dan dukungan pembiayaan terhadap jaminanan kesehatan sosial serta terlaksananya program-program unggulan atau prioritas nasional maupun daerah.
  3. Material (Alat dan Bahan)
    Peningkatan kertersediaan alat dan bahan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan guna tercapainya tujuan pembangunan bidang kesehatan yang optimal dan merata di masyarakat.
  4. Machines
    Meningkatkan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat dengan mempergunakan peralatan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan, tepat guna, dan tepat sasaran, sehingga mampu untuk meningkatkan status derajat kesehatan masyarakat di Wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.
  5. Method
    Memperlancar pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan mempergunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga pelayanan yang diberikan tetap dapat terarah dan terencana, guna menciptakan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.
  6. Planning Market
    Meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan baik dari sisi pembiayaan maupun sarana di tengah-tengah masyarakat maupun didaerah terpencil sehingga utilisasi sarana pelayanan kesehatan meningkat.

ARAH KEBIJAKAN

  1. Meningkatkan dan memelihara mutu institusi pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta yang mampu berperan sebagai rujukan dan terjangkau oleh masyarakat;
  2. Mengembangkan sistim jaminan kesehatan terutama bagi penduduk miskin;
  3. Meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat untuk berperan serta meningkatkan pola hidup sehat dan bersih dengan pemanfaatan forum yang sudah ada di masyarakat;
  4. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan sehat dengan memperhatikan derajat kesehatan melalui peningkatan gizi masyarakat, pencegahan, penyembuhan dan rehabilitasi melalui pendekatan paradigma sehat;
  5. Peningkatan kerja sama lintas sektor;
  6. Peningkatan perlindungan kesehatan masyarakat terhadap penggunaan sediaan farmasi, makanan dan alat kesehatan yang tidak absah/ilegal;
  7. Peningkatan fasilitas dan sarana prasarana puskesmas/puskesmas pembantu dan jaringannya;
  8. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk hidup sehat melalui program desa/kelurahan aktif.