DSC00710DSC00709

Laboratorium Kesehatan di Puskesmas DSC00711merupakan salah satu bagian pelayanan utama yang menunjang kegiatan pelayanan  kesehatan di setiap Puskesmas. Peranan Laboratorium di Puskesmas saat ini telah menjadi bagian yang cukup diperhitungkan, karena dibutuhkan untuk menegakan suatu diagnosa penyakit.

Pengelolaan laboratorium kesehatan puskesmas didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012. Menurut PMK ini, yang dimaksud dengan Laboratorium Puskesmas adalah sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas yang melaksanakan pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebaran penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat

Jadwal Pelayanan

Senin – Kamis Pukul 08.00 – 14.00 Wib

Jumat – Sabtu Pukul 08.00 – 13.00 Wib

Jenis Pelayanan

  1. Pemeriksaan Gula Darah (Puasa/Sewaktu)
  2. Pemeriksaan Kolesterol
  3. Pemeriksaan Asam Urat
  4. Pemeriksaan Urin Rutin
  5. Pemeriksaan Protein Urin
  6. Pemeriksaan Glukosa Urin
  7. Pemeriksaan Tes Kehamilan (PP Test)
  8. Pemeriksaan Darah Rutin (Hemoglobin, Trombosit, Leukosit)
  9. Pemeriksaan Widal
  10. Pemeriksaan Malaria
  11. Pemeriksaan Golongan Darah
  12. Pemeriksaan Dahak (BTA)
  13. Pemeriksaan HIV
  14. Pemeriksaan IMS (infeksi Menular Sexsual )

Tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan dilaboraturium terdiri dari 2 orang tenaga analis yang masing-masing tenaga kesehatan memiliki sertifikat dan kompetensi yang diperlukan untuk memberikan pelayanan laboraturium.