DSC00681 DSC00683

Ruang Rawat Inap

Rawat inap adalah proses perawatan pasien oleh tenaga kesehatan propesional dalam jangka waktu tertentu secara intensif. Adapun ruang rawat inap yang ada di puskesmas pangkalan kasai adalah sebagai berikut :

  1. Ruang rawat inap Anggrek terdiri dari 1 tempat tidur pasien
  2. Ruang rawat inap Melati terdiri dari 1 tempat tidur pasien
  3. Ruang rawat inap Isolasi terdiri dari 2 tempat tidur pasien
  4. Ruang rawat inap Zaal terdiri dari 7 tempat tidur pasien
  5. Ruang rawat inap Anak terdiri dari 4 tempat tidur pasien
  6. 1 kamar perawat dan dokter

Fungsi Puskesmas Rawat Inap sebagai tempat rujukan pertama bagi kasus tertentu yang perlu dirujuk, mempunyai beberapa fungsi pokok, antara lain :

  1. Fungsi sesuai dengan tugasnya yaitu pelayanan,pembinaan dan pengembangan, dengan penekanan pada fungsi pada kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan fungsi rehabilitative
  2. Fungsi yang berorientasi pada kegiatan teknis terkait instalasi perawatan pasien sakit, instalasi oba, instalasi gizi, dan instalasi umum. Juga fungsi yang lebih berorientasi pada kegiatan yang bersifat kuratif.

Rawat inap (opname) adalah istilah yang berarti proses perawatan pasien oleh tenaga kesehatan profesional akibat penyakit tertentu, di mana pasien diinapkan di suatu ruangan di rumah sakit atau Puskesmas yang menyediakan perawatan.

Ruang rawat inap adalah ruang tempat pasien dirawat. Pasien yang berobat jalan di Unit Rawat Jalan, akan mendapatkan surat pengantar atau rujukan dari dokter yang merawatnya, bila pasien tersebut memerlukan perawatan di dalam rumah sakit atau Puskesmas.

  UPT Puskesmas Air Molek adalah sebagai puskesmas perawatan yang melayani kartu Umum, Jamkesda, Jamkesmas, BPJS/KIS, dan SKTM. Rawat inap juga melayani pasien dengan kasus-kasus yang membutuhkan perawatan inap, bisa rujukan dari poli, UGD, Bidan, Perawat, Dokter, ataupun pasien yang datang sendiri.

Fasilitas dan pelayanan di rawat inap tentu saja lebih komplit di bandingkan dengan fasilitas rawat jalan, begitupun dengan tenaga kesehatan yang terlibat secara bersama-sama berkolaborasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi :

  • Observasi
  • diagnosa
  • terapi
  • rehabilitasi medik
  • dan berbagai jenis pelayanan medis lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk menunjang proses pengobatan dan keperawatan pasien.
  • Semua biaya pelayanan GRATIS ( tidak dipungut biaya )