BAGAIMAN CARA MEMILIH GARAM YANG BERYODIUM?

BAGAIMAN CARA MEMILIH GARAM YANG BERYODIUM?

20160729_093133UPT Puskesmas Batang Peranap, Mungkin selama ini para kaum ibu ibu yang senang memasak dirumah masih bertanya-tanya, apakah garam yang kita gunakan di rumah sudah beryodium atau tidak. Namun sebenarnya ini tidaklah sulit untuk mengujinya sendiri.

Disini kami telah melakukan pengujian di SD yang ada di kec. Batang peranap, pemeriksaan garam ini dilakukan dengan menggunakan yodida atau test kit. Kelas yang telah dipilih diwajibkan membawa garam dapur dari rumahnya masing masing dan disini kami dapat melihat bahwa sesungguhnya garam yang beryodium itu dapat ditemukan pada garam yang bermerek.

Pemegang progarm gizi ini menjelaskan kepada anak murid tersebut Berdasarkan hasil yang didapat dari pemeriksaan garam beryodium. “ Saya berpesankan kepada anak anak semua untuk menjelaskan kepada orang tuanya dirumah untuk memakai garam yang bermerek karna pada garam yang bermerek ini setelah diteteskan yodida timbul warna biru keunguan yang berarti mangandung yodium, tuturnya.

Untuk ibu ibu dirumah dapat menggunakan perasan air singkong yang diteteskan kegaram tersebut jika timbul warna biru keunguan juga berarti garam tersebut mangandung yodium.

Ini semuanya dilakukan agar kita dapat memilih garam yang sehat dan tidak berdampak pada kesehatan kita pada masa yang akan datang.

Related Posts
Leave a reply