Pemberian Tablet Fe di Sekolah ” SMP dan SMK Batang Peranap “

Pemberian Tablet Fe di Sekolah ” SMP dan SMK  Batang Peranap “

p_20160806_091639UPT Puskesmas Batang Peranap, Program penjaringan dan pemberian tablet Fe dikhususkan bagi remaja putri diwilayah sekolah yang ada diwilayah binaan Puskesmas batang peranap, sasarannya adalah remaja putri yang ada di SMPN 1 dan SMKN 1 Batang peranap.

Pemberian tablet Fe ini bertujuan untuk menghidari penyakit anemia pada remaja putri serta mempersiapkan remaja putri untuk menganjak keusia dewasa. pemberian tablet ini dilaksanakan 4 kali dalam setahun pada bulan agustus  –  november yang dilaksanakan oleh pemegang program gizi dan UKS.

Dosis yang diberikan adalah 13 tablet untuk satu siswi, caranya 10 tablet diminum satu kali sehari selama masa haid dimulai pada hari pertama haid sampai hari kesepuluh , dan 3 tablet diminum satu kali seminggu diluar masa haid.

Kegiatan berlansung lancar dan aman, puluhan siswi antusias mengikuti penyuluhan sekaligus pemeriksaan kesehatan.

Partisipasi guru dan orang tua sangat diperlukan untuk menyadarkan para siswi betapa pentingnya menjaga kesehatan supaya terbentuknya penerus yang sehat dan berkualitas.

“saya sangat berharap dengan diadakannya pemberian tablet tambah darah ini seluruh siswi mampu menyiapkan diri menjadi wanita usia subur yang sehat dalam menjalankan siklus kehidupan, saat menjadi ibu hamil nantinya sehingga dapat mengurangi Angka Kematian Ibu ( AKI )”. Ujar Pemegang Program GIZI.

 

 

 

Related Posts
Leave a reply