PUSKEL DAN POSBINDU KE DESA

PUSKEL DAN POSBINDU KE DESA

p_20150812_102426UPT Puskesmas Batang Peranap, Desember 2016 dilaksanakan Puskesmas Keliling  ( PUSKEL ) dan Pos Pembinaan Terpadu ( POSBINDU ) ke setiap Desa yang ada diwilayah kerja Puskesmas Batang Peranap. kegiatan ini dilaksanakan 6 kali dalam setahun. yang bertugas dalam kegiatan ini yaitu kader desa dan petugas kesehatan dari puskesmas.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk mencapai masa tua yang bahagia. program ini berbeda degan posyandu, karena posbindu dikhususkan untuk pembinaan orang tua baik yang memasuki masa lansia maupun yang sudah memasuki lansia.

Pelayan kesehatan di posbindu diawali dengan pemeriksaan kesehatan fisik ( TD, BB, TB, LILA, Lingkaran Perut, dll). Observasi keluhan tentang kondisinya pada saat ini, sampai pada kegiatan Kesling untuk memberikan obat terhadap keluhan yang dirasakannya pada saat ini. Setiap orang menunjukan Kartu Menuju Sehat (KMS) usila sebagai alat pencatat dan pemantau untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah pemeliharaan kesehatan atau kondisi kesehatannya.

 

Related Posts
Leave a reply