LOMBA PHBS DAN DESA SIAGA TINGKAT KABUPATEN

LOMBA PHBS DAN DESA SIAGA TINGKAT KABUPATEN

Puskesmas Batang Peranap , 14 maret 2017 Penilaian lomba PHBS dan Desa siaga yang dilaksanakan di Desa Sukamaju Kec. Batang Peranap Kab. INHU Prov. Riau. Acara ini dihadiri oleh Bapak Sekretaris Camat Batang Peranap beserta ibu, seluruh perangkat desa, dan Ibu ibu Kader beserta PKK Desa Sukamaju serta Tim Penilaian dari Kabupaten INHU.

Penilaian serta peninjauan terhadap rumah yang berprilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ) dilaksanakan oleh Tim Penilaian lomba PHBS dan Desa siaga ini. Seluruh Tim Penilaian turun lansung meninjau rumah yang telah dibina dari hasil kerja keras oleh Para kader, anggota PKK, serta seluruh pengurus binaan rumah berPHBS yang dibimbing oleh Puskesmas Batang Peranap.

Aspek penilaian tidak hanya melihat rumah binaan yang memiliki 10  indikator Rumah berPHBS saja tetapi juga memeriksa catatan kader terhadap kegiatan yang telah mereka lakukan selama dalam membina rumah PHBS tersebut.

PHBS sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan itu dapat dimulai dari keluarga, guna menjaga keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat. Namun tidak hanya dapat berprilaku hidup bersih dan sehat saja, Setiap Desa hendaknya siaga terhadap kesehatan maupun dalam keadaan kesakitan. Ini dapat dilihat dari kesediaan serta kesiapan desa dalam membentuk masarakat yang mandiri dan waspada dalam segala hal.

Berikut ini kegiatan yang dilaksanakn oleh kader Desa untuk mewujudkan 10  indikator Rumah berPHBS:

  1. Persalinan Ditolong Oleh Tenaga Kesehatan : memberikan buku KIA dan menempel Stiker Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) bagi setiap ibu yang hamil.
  2. Memberantas Jentik Di Rumah Sekali Seminggu, dengan mengganti air bak mandi setiap hari atau seminggu sekali.
  3. Makan Buah dan Sayur Tiap Hari : Penanaman dan pemeliharaan Taman Obat Keluarga (TOGA), sayur mayur dan buah di lingkungan rumah tangga.
  4. Menggunakan Air Bersih : pada umumnya desa ini menggunakan air sumur yang bersih dan jernih.
  5. Menggunakan Jamban Sehat : setiap rumah telah memiliki jamban yang sehat.
  6. Tidak Merokok Di Dalam Rumah : kader telah meletakan peringatan untuk tidak merokok didalam rumah dalam bentuk stiker tentang 10 indikator PHBS.
  7. Melakukan Aktifitas Fisik Setiap Hari : umumnya kader menganjurkan minimal untuk ikut dalam kegiatan senam bersama yang diadakan di puskesmas, jikalau masarakat sibuk dalam aktifitas sehari hari.
  8. Mencuci Tangan Dengan Air Bersih dan Sabun : Tersedianya tempat cuci tangan dan sabun disetiap rumah tangga.
  9. Memberikan ASI Eksklusif: tersedianya tempat menyusui atau pojok ASI di posyandu desa.
  10. Menimbang Balita Setiap Bulan : menganjurkan untuk selalu datang setiap bulan keposyandu.

IMG_1402 IMG_1399 IMG_1397 IMG_1285 IMG_1404

 

Related Posts
Leave a reply