Sunat Massal Di Puskesmas Batang Peranap

Sunat Massal Di Puskesmas Batang Peranap

UPT Puskesmas Batang Peranap, Rabu 13 Desember 2017 telah diselenggarakan Sunat Massal Di Puskesmas Batang Peranap mulai dari pagi hingga sore hari, sekitar 50 anak  baik dari kalangan mampu ataupun kurang mampu yang ada di wilayah Kec. Batang Peranap telah mengikuti kegiatan sunat massal ini.

Kegiatan sunat massal ini ditangani oleh Tenaga medis Laki-laki dan dibantu oleh tenaga medis dari perempuan yang bekerja di UPT Puskesmas Batang Peranap.

Hampir Setiap tahun kegiatan sunat massal ini dilaksankan di  Puskesmas Batang Peranap yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra ( Kesejahteraan Rakyat ). Dengan diadakannya kegiatan sunat massal ini masarakat merasa sangat terbantu dalam hal menjalankan kewajiban agama islam ini. ” kami sangat berterima kasih dengan diadakannya kegiatan sunat masal ini, karena bagi kami yang kurang mampu ini sangat sulit mencari biaya untuk sunatan anak kami, malahan disini anak kami di kasih kain, kopiah, dan amplop  dan sunatnya pun tidak dibayar”. Ujar Kasban Salah satu orang tua dari anak yang disunat.

Manfaat khitan dilihat dari segi kesehatan menurut National Institute for Allergy and Infectious Disease, adalah  sunat/ khitan pada laki-laki memiliki dampak yang positif bagi kesehatan seperti dapat mengurangi resiko terkena infeksi virus hiv aids sebesar 60%, risiko virus herpes 28% dan resiko hpv sebesar 35%.

Manfaat lainnya khitan atau sirkumsisi bagi laki-laki adalah menghilangkan kotoran beserta tempat kotoran itu berada yang biasanya terletak dibagian dalam dari kulit terluar penis. Serta untuk menandakan bahwa seorang muslim telah memasuki kondisi dewasa.

Related Posts
Leave a reply