SOSIALISASI ASUHAN MANDIRI TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA )

SOSIALISASI ASUHAN MANDIRI TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA )

UPT Puskesmas Batang Peranap, Desember 2017 telah dilaksanakan Sosialisasi Asuhan Mandiri Toga di Aula Kantor Camat Batang Peranap, yang di hadiri oleh Bapak Camat Batang Peranap, Bapak Sekretaris Camat, Bapak UPTD Pertanian, Bapak Kepala Desa, Ibu Kepala Desa, Kader Desa, dan Tim dari Puskesmas Batang Peranap dan Tokoh Masayarakat.

UU Kesehatan RI no 36 thn 2009 pasal 48 menyebutkan upaya kesehatan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang di selenggarakan secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan.

Upaya penyelenggaraan kesehatan yang dimaksud salah satunya yaitu dilaksakan melalui kegiatan pelayanan kesehatan tradisional. Yang dimaksud dengan Pelayanan kesehatan tradisional adalah Pengobatan/perawatan dengan cara dan obat berdasarkan pengalaman dan keterampilan turun temurun yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma yg berlaku di masyarakat.

Pelayanan kesehatan tradisional semakin di minati masyarakat. Pelayanan kesehatan tradisonal biasanya dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat dalam asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresure.

TOGA ~ Singkatan dari Taman Obat Keluarga

Defenisinya adalah Sebidang tanah baik di halaman, pekarangan, atau di kebun yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan tanaman yang berkhasiat obat dalam upaya memenuhi kebutuhan obat keluarga.

Fungsi dari sosialisi Asuhan Mandiri TOGA ini yaitu :

  1. Sarana mendekatkan tanaman obat kepada masyarakat untuk upaya kesehatan mandiri
  2. Pendayagunaan tanaman obat sebagai Upaya Promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif,
  3. Melestarikan pengobatan tradisional sebagai warisan leluhur.

Tujuan : Percepatan pencapaian sasaran asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tinggi nya.

Contoh Tanaman Berkhasiat Disekitar Kita :

A. Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

images (11)

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah tidak terbantahkan lagi, ia memiliki berbagai nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh manusia yang diantaranya  : Anti Inflamasi (peradangan), Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis), Pencegahan Kanker, Meningkatkan Antioksidan, Meningkatkan Fungsi Hati, Mengurangi Resiko Penyakit Leukimia, Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah), Mencegah Penyakit Alzaimer, Mencegah Depresi,dll.

B. Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

download (3)Manfaat kunyit untuk kesehatan yakni Obat untuk masuk angin, Menghilangkan darah kotor, Mengobati radang lambung, Mengobati keseleo, Mengobati mulas pada perut, Sebagai obat batuk, Mengobati diare, dll.

C. Manfaat Jahe

images (12)Manfaat Jahe untuk Kesehatan yakni Melancarkan peredaran darah, Perut kembung, Mengobati migrain / sakit kepala sebelah, Demam dan batuk, Mencegah perut buncit, Menurunkan tekanan darah, Menurunkan berat badan, Mengobati sakit gigi, Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, Menurunkan kolesterol, Meredakan rasa sakit, Pereda nyeri dan sendi kaku, Obat mabuk perjalanan, Memerangi sel kanker, dll.

 

 

 

Related Posts
Leave a reply