Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan untuk Siswa PAUD, TK dan SD di Puskesmas Batang Peranap

Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan untuk Siswa PAUD, TK dan SD di Puskesmas Batang Peranap

UPT Puskesmas Batang Peranap, Melaksanakan Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan untuk Siswa PAUD, TK dan SD yang baik dan benar. Hal ini disebabkan karena anak-anak rentan terhadap penyakit gigi dan pencernaan, karena aktivitas yang banyak dilakukan cenderung kurang bersih dan higienis .

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dokter Gigi Puskesmas Batang Peranap yakni Ibuk drg. Lucy Mustika yang merupakan Kepala Puskesmas Batang Peranap yang menyampaikan cara menggosok gigi yang baik dan benar, dan juga sekaligus melaksanakan penyuluhan tentang PHBS ( 7 langkah mencuci tangan ) yang baik dan benar oleh petugas Program PHBS beserta timnya masing masing.

Kegiatan ini diawali dengan menyampaikan materi tentang 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar, kemudian dilanjutkan dengan cara menggosok gigi yang baik dan benar pula.

Setelah kedua materi selesai dijelaskan, anak-anak diberi kesempatan untuk mempraktekkan langsung tentang cara menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian membimbing mereka agar gerakan yang mereka lakukan sesuai dengan yang diajarkan, guru guru disekolah tersebut juga ikut membimbing anak anaknya.

Setelah semua anak paham dan mengerti tentang yang telah diajarkan, selanjutnya barulah semua anak lansung mempraktekkannya dengan sabun dan air mengalir yang telah disediakan, dan juga menggosok gigi dengan penggosok gigi yang telah disiapkan pula.

Acara diakhiri dengan foto bersama antara petugas dari puskesmas, guru sekolah, dan anak anak PAUD, TK dan SD.

Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Related Posts
Leave a reply