Bimbingan Akreditasi Puskesmas Batang Peranap oleh Pendamping dari Dinas Kesehatan INHU.

Bimbingan Akreditasi Puskesmas Batang Peranap oleh Pendamping dari Dinas Kesehatan INHU.

UPTD. Puskesmas Batang Peranap, Akreditasi merupakan hal yang harus segera dilaksanakan oleh setiap Puskesmas di seluruh Indonesia, guna untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kini Puskesmas Batang Peranap sedang dalam proses bimbingan penyusunan dokumen yang didampingi dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten INHU yakni Oleh dr. Harry Putra, Ns. Yaslinda, S.Kep,  dan Ermilyawati, SKM.

Akreditasi Puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap Puskesmas apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

Sebelum melanjutkan ke langkah demi langkah menuju akreditasi puskesmas. Tahap paling awal adalah melakukan pemetaan terhadap BAB per BAB dalam menentukan apa saja yang harus disiapkan dan dilaksanakan.

Dalam penyusunan dokument Akreditasi Puskesmas Batang Peranap di bagi menjadi 3 Pokja yaitu Pokja Admin, Pokja UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat), dan Pokja UKP (Upaya Kesehatan Perorangan). Dengan diadakannya bimbingan akreditasi ini guna untuk setiap staff ataupun setiap tim akreditasi mampu memenuhi dokumen permintaan di instrument akreditasi puskesmas yang meliputi bab I sampai bab IX. Dimana BAB 1 – 3 dikelolah oleh Pokja Admin, BAB 4 – 6 dikelolah oleh Pokja UKM, dan BAB 7 – 9 dikelolah oleh Pokja UKP.

 

 

Related Posts
Leave a reply