SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE) PADA REMAJA PUTRI SMP DAN SMK TAHUN 2018

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE) PADA REMAJA PUTRI SMP DAN SMK TAHUN 2018

UPTD Puskesmas Batang Peranap, Maret 2018 telah dilaksanakan Sosialisasi Tablet tambah darah  untuk remaja putri yang dilaksanakan di sekolah SMP N 1 Batang Peranap dan SMK N 1 Batang Peranap. Sedangkan Pemberianya telah dimulai pada bulan April  dan akan dilanjutkan sampai 8 bulan berikutnya Oleh Petugas dari Puskesmas Batng Peranap  dan dibantu oleh kader remaja dan guru UKS.

Mengapa remaja putri menbutuhkan zat besi ?

  • Asupan makanan yang tidak seimbang : ini dikarenakan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, lebih mementingkan Body image dari pada asupan gizi.
  • Persiapan untuk remaja putri karena nantinya akan mengalami hamil dan melahirkan.

Upaya memberikan tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan muda mengalami anemia. Remaja putri yang anemia kemudian hamil berpotensi akan melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR).

Ketika remaja putri ini hamil, kecukupan gizi janin di ibu yang darah rendah tersebut mengalami kurangnya supply oksigen, makanan ke janin, dan menyebabkan bayi yang kemudian lahir mengalami stunting dan BBLR.

Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka diberikanlah Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri Ke Sekolah – sekolah yang berada diwilayah kerja UPTD Puskesmas Batang Peranap untuk menghindari penyakit anemia.

Cara mengkonsumsi Tablet Tambah Darah ( TTD )

Sasarannya adalah seluruh remaja putri ( rematri ) usia 12 – 18 th dan WUS.

Dosis yang diberikan adalah setiap orang mendapat 1 butir/ minggu selama 8 bulan dan dipantau setiap sebulan sekali oleh Petugas Puskesmas. Saat libur sekolah TTD diberikan sebelum libur sekolah.

Related Posts
Leave a reply