MENGAPA REMAJA PUTERI PERLU SUPLEMEN TABLET TAMBAH DARAH (TTD) SECARA RUTIN ?

MENGAPA REMAJA PUTERI PERLU SUPLEMEN TABLET TAMBAH DARAH (TTD) SECARA RUTIN ?

UPTD Puskesmas Batang Peranap, telah melaksanakan Pemberian Tablet Tambah (TTD) kepada Remaja Putri wilayah kerja UPTD Puskesmas Batang Peranap, target yang dibutuhkan yaitu 25 % dari dari seluruh remaja putri di Kec. Batang Peranap dan ini sudah diwakilkan oleh remaja putri SMP dan SMK Kec. Batang Peranap.

Tablet Tambah Darah (TTD) mengandung 60 mg Besi Elemental dan Asam Folat 400 ug). Setiap remaja mendapat 48 kapsul untuk satu tahun. Setiap remaja putri disarankan minum 1 (satu) tablet per minggu selama 8 bulan, kegiatan ini sudah dimulai dari bulan April yang lalu samapi bulan November yang akan datang. Untuk jadwal minum sudah disepakati saat sosialisasi FE TTD sebelumnya yakni untuk sekolah SMP setiap hari selasa, dan untuk sekolah SMK setiap hari rabu.

UPTD Puskesmas Batang Peranap akan melaksanakan monitoring terkait pemberian tablet tambah darah pada para siswa putri di masing-masing sekolah sekolah yang dilaksanakan oleh kader sekolah dan diawasi oleh para guru sekolah/walikelas dengan frekuensi pemberian 1x seminggu pada hari yang telah ditetapakan.

Anemia adalah suatu kondisi dimana keadaan kadar hemoglobin/Hb didalam darah lebih rendah dari yang seharuasnya/normal. Adapun gejala Anemia diantaranya adalah  letih / lemah / lesu / lalai / lupa, imunitas rendah sehingga meningkatkan risiko terserang penyakit infeksi, gangguan Kognitif yang permanen bila terjadi di usia dini : kurang cerdas, produktivitas turun, pada Anemia berat: Tidak mampu mempertahankan suhu tubuh setelah terpapar pada suhu dingin / sesak nafas Dampak Defisiensi Besi dan Anemia pada Usia Dewasa.

Dampak Anemia Pada orang Dewasa adalah sebagai berikut  :

  1. Kapasitas darah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk otak dan otot, juga rendah
  2. konsentrasi belajar dan produktivitas kerja turun

Dampak Anemia pada Siswa/mahasiswa adalah sebagai berikut :

  1. konsentrasi belajar
  2. prestasi disekolah rendah atau tidak optimal
  3. Produktivitas kerja turun
  4. Imunitas lebih rendah sehingga lebih rentan terhadap penyakit infeksi;

Mengapa Remaja Puteri Perlu Suplemen Tablet Tambah Darah (TTD) Secara Rutin ?

  1. Pertumbuhan cepat, kebutuhan meningkat
  2. Haid: kehilangan darah rutin dalam jumlah cukup banyak
  3. Calon ibu
  4. Periode usia melahirkan: kehilangan darah saat persalinan; jumlah persalinan; jarak antar persalinan; usia melahirkan saat remaja;
  5. Bila ibu sudah hamil akan terlambat, terutama untuk perkembangan organ yang memerlukan asam folat
  6. Pola makan untuk menjaga penampilan
  7. Untuk mengatasi anemia/defisiensi besi, dll

Bagaimana cara mengatasi Anemia ?

  • Makan makanan sumber zat besi, seperti Telur, Ikan, Daging, Ayam, Kacang hijau, Bayam dan sayuran hijau lainnya,
  • makan makanan sumber Vitamin C, seperti Jambu biji, Pepaya, Jeruk, Mangga, Berri, Strawberry atau buah lainnya,
  • menghindari konsumsi zat penghambat penyerapan zat besi, seperti Teh dan Kopi, transfusi darah merupakan cara terakhir. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi sebaiknya TTD dikonsumsi bersama dengan buah-buahan sumber vitamin C, seperti : jeruk, pepaya, mangga, jambu biji, dll.

Makanan dan obat yang mengganggu penyerapan zat besi/ hindari minum TTD bersama dengan:

  1. Susu hewani karena umumnya mengandung kalsium dalam jumlah tinggi shg dapat menurunkan penyerapan zat besi di mukosa lambung.
  2. Teh dan Kopi karena mengandung fitat dan tanin yg dapat mengikat zat besi menjadi senyawa kompleks sehingga tidak dapat diserap.
  3. Tablet Kalsium (kalk) dosis tinggi dapat menghambat penyerapan zat besi.
  4. Obat sakit maag yang berfungsi melapisi permukaan lambung sehingga penyerapan zat besi terhambat. Untuk itu bila ingin mengkonsumsi pangan atau obat tersebut, sebaiknya 2 jam sebelum atau 2 jam sesudah mengkonsumsi TTD

Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan.

Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri Kecamatan Batang Peranap akan menjadi remaja yang lebih sehat.

Related Posts
Leave a reply