SOSIALISASI DAN PEMBERIAN IMUNISASI MR (MEASLES RUBELLA )DI BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER TAHUN 2018

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN IMUNISASI MR (MEASLES RUBELLA )DI BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER TAHUN 2018

UPTD Puskesmas Batang Peranap, Juli Tahun 2018 telah melaksanakan sosialisasi imunisasi Measles Rubella (MR) di 5 Desa Wilayah kerja UPTD Puskesmas Batang Peranap yakni Desa Sukamaju, Desa Pematang Benteng, Desa Pematang, Desa Selunak dan Desa Koto Tuo. Yang dihadiri oleh Bapak Camat Batang Peranap Watno.Ssos Beserta Staf, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Bapak UPTD Pendidikan, Kepala Sekolah ( SMP, SD, TK dan PAUD ), Tokoh Masyarakat, Tim Penggerak PKK, dan Kader Posyandu.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) ini bertujuan agar seluruh masyarakat mengetahui apa itu imunisasi Measles Rubella (MR), apa manfaat pemberian imunisasi ini, kapan pelaksanaannya, apa dampaknya jika tidak diberikan imunisasi ini, dsb.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi MR diberikan pada bulan Agustus s/d September 2018. Pada bulan agustus 2018  imunisasi MR diberikan untuk anak sekolah ( PAUD, TK, SD dan SMP  di wilayah kerja UPTD Puskesmas Batang Peranap). Sedangkan dibulan September 2018 dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Cara pemberian imunisasi MR adalah dengan menyuntikan vaksin MR secara subkutan, dengan dosis penyuntikan vaksin MR untuk satu orang anak adalah 0,5ml.

Campak dapat menyebabkan komplkasi yang serius, seperti radang paru ( pneumonia ), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital meliputi kelainan pada mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin dapat mencegah dua penyakit sekaligus.

Ayo lindungi buah hati anda dengan Imunisasi Campak dan Rubella (MR), dan Pastikan anak anda mendapat Imunisasi MR pada bulan Agustus – September di Sekolah, Posyandu, Puskesmas, DAN Fasilitas Kesehatan lainnya secara GRATIS !

 

Related Posts
Leave a reply