Pelayanan Gawat Darurat (UGD) adalah salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit. Setiap rumah sakit pasti memiliki layanan UGD yang melayani pelayanan medis 24 jam. Puskesmas Sei Lala memiliki layanan UGD 24 jam dengan beberapa dokter umum yang melayaninya. UGD 24 jam melayani kasus-kasus khususnya gawat darurat.

Gawat darurat adalah Suatu keadaan yang terjadinya mendadak mengakibatkan seseorang atau banyak orang memerlukan penanganan / pertolongan segera dalam arti pertolongan secara cermat, tepat dan cepat. Apabila tidak mendapatkan pertolongan semacam itu maka korban akan mati atau cacat / kehilangan anggota tubuhnya seumur hidup.

Tujuan Pelayanan Gawat Darurat

Tujuan dari pelayanan gawat darurat ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama bagi pasien yang dating dan menghindari berbagai resiko, seperti: kematian , menanggulangi korban kecelakaan, atau bencana lainnla yang langsung membutuhkan tindakan.

Jadwal Pelayanan

Unit Gawat Darurat Buka 24 Jam

Jenis Pelayanan

Kegiatan yang menjadi tanggung jawab UGD banyak macamnya, secara umum dapat dibedakan atas tiga macam (Flynn, 1962) :
  1. Menyelenggarakan pelayanan gawat darurat.
  2. Menyelenggarakan pelayanan penyaringan untuk kasus-kasus yang membutuhkan pelayanan rawat inap intensif.
  3. Menyelenggarakan pelayanan informasi medis darurat.

Yang Dapat dilayani Secara Umum Oleh Rumah Sakit :

  1. Mampu menangani pasien gawat darurat, tidak darurat, darurat tidak gawat, dan pasien tidak gawat, tidak darurat oleh karena penyakit tertentu
  2. Semua kecelakaan (accident) yang menimbulkan cedera fisik, mental, social
  3. Dengan kecepatan yang rata-rata selalu dibutuhkan sangat singkat sehingga harus mampu melakukan pelayanan terhadap :
  • Gangguan pernafasan
  • Susunan saraf pusat
  • Sistem kardiovaskuler
  • Trauma
  • Berbagai luka
  • Patah tulang
  • Infeksi
  • Gangguan metabolism
  • Keracunan
  • Kerusakan organ

4. Mampu menangani kejadian sehari-hari, korban musibah masal, dan bencana