WASPADA 7 Gejala Kanker yang Perlu Diperiksa Lebih Lanjut Ke Dokter

Stop-Cancer-sign-jpgRengat-Dinkes Inhu. Penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi sedikitnya 13,1 juta orang akan meninggal dunia akibat kanker pada tahun 2030 jika tidak melakukan upaya pengendalian yang sesuai sedini mungkin.

Dibalik keganasannya, kanker dapat juga dikatakan sebagai penyakit gaya hidup karena dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhkan faktor risiko terserang kanker. Lebih dari 40% dari semua kanker dapat dicegah dan beberapa jenis kanker yang paling umum termasuk kanker payudara, kanker kolorektal, kanker leher rahim dapat dicegah jika ditemukan lebih dini.

Saat ini sebagian besar penyebab kanker belum dapat diidentifikasi secara pasti, namun beberapa penelitian telah membuktikan beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan potensi terkena kanker. Faktor risiko tersebut antara lain keturunan, kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, paparan sinar ultraviolet, kurangnya aktifitas fisik, diet yang tidak sehat (banyak gula/garam dan rendah serat), perilaku seksual yang tidak sehat dan paparan lingkungan yang berbahaya.

kanker dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Banyak sekali jenis jenis kanker yang dapat menyerang manusia, namun ada beberapa kanker yang sering menyerang pria yaitu kanker prostat, kanker paru, kanker kolorectal, kanker hati dan nasofaring. Jenis kanker yang sering dialami wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim (serviks), kanker indung telur (ovarium) dan kanker paru. Sedangkan kanker yang sering terjadi pada anak-anak adalah kanker darah (leukemia), kanker mata (retinoblastoma), kanker sumsum tulang belakang dan kanker nasofaring.

Kanker pada anak berbeda dari kanker pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat dicegah, sementara pada anak sangat sulit. Walaupun demikian, pola hidup dan diet yang sehat harus tetap diajarkan sejak kanak-kanak agar dapat terhindar dari berbagai jenis kanker ketika dewasa.

Kasus kanker yang dialami seseorang seringkali terlambat didiagnosis dan baru diketahui ketika sudah masuk stadium lanjut yang sudah tidak dapat diobati lagi. Kondisi ini disebabkan karena pada stadium awal, penyakit kanker sering kali tidak menimbulkan keluhan atau tanpa gejala. Untuk itu Anda harus selalu waspada terhadap gejala awal kanker. Ada 7 gejala yang perlu Anda perhatikan dan periksakan ke dokter untuk memastikan ada tidaknya kanker, ketujuh gejala tersebut disingkat WASPADA yaitu:

  • Waktu buang air besar atau kecil terjadi gangguan atau perubahan kebiasaan
  • Alat pencernaan terganggu dan susah menelan
  • Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  • Payudara atau di bagian tubuh lain ada benjolan (tumor)
  • Andeng-andeng (tahi lalat) berubah sifatnya menjadi besar dan gatal
  • Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  • Adanya koreng atau borok yang tidak mau sembuh-sembuh

Semoga dengan berperilaku hidup sehat dan selalu melakukan deteksi dini WASPADA, Anda dapat terhindar dari ganasnya kanker.

Sumber Bacaan:
Kemenkes RI (2014). Buku Pintar Posbindu PTM Seri 6: Penyakit Kanker.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>