Temu Ramah sekaligus Pembukaan Survey Akreditasi Puskesmas Tahun 2018

Survei Akreditasi 2018

Rengat – Dinkes Inhu. Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu cara pengukuran mutu pelayanan Puskesmas yang komprehensif dan bertujuan untuk mendapatkan pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi terhadap kompetensi suatu Lembaga atau Organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. Pelaksanaan Akreditasi dilakukan secara Nasional melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sesuai dengan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015.

Rabu (12/09/2018), Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Pelayanan Kesehatan melaksanakan “Acara Temu Ramah sekaligus Pembukaan Survey Akreditasi Puskesmas Tahun 2018”. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Yopi Arianto dengan peserta yang hadir berasal dari lintas sektor dan lintas program terkait. Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal, M.Si mewakili Bupati Indragiri Hulu.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal, M.Si menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat apresiasi dan mendukung pelaksanaan Akreditasi Puskesmas ini demi mencapai Visi Kabupaten Indragiri Hulu yaitu “Mewujudkan Indragiri Hulu yang lebih sejahtera tahun 2021.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu sangat mengapresiasi dan mendukung serta mendorong tercapainya pelaksanaan Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hulu. Hal ini merupakan salah satu kewajiban Pemerintah yang harus dilakukan dan sesuai dengan salah satu Misi Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Meningkatkan Pelayanan, Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat guna mencapai Visi Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Mewujudkan Indragiri Hulu yang lebih sejahtera tahun 2021”, tutur Sekdakab Inhu Ir. H. Hendrizal, M.Si.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Elis Julinarti, DCN., M.Kes menjelaskan bahwa Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas sudah dimulai sejak tahun 2016 dalam rangka memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat.

“Untuk di Kabupaten Indragiri Hulu, Akreditasi Puskesmas telah dilaksanakan mulai tahun 2016 dan direncanakan hingga tahun 2020. Di tahun 2016, Akreditasi sudah dilakukan dibeberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu antara lain Puskesmas Pangkalan Kasai dan Puskesmas Sei. Lala dengan hasil predikat Akreditasi Dasar. Sedangkan ditahun 2017, Puskesmas yang terpilih untuk akreditasi antara lain Puskesmas Kuala Cenaku, Puskesmas Pekan Heran, Puskesmas Sipayung, Puskesmas Seberida, Puskesmas Air Molek dan Puskesmas Peranap dan hasil Predikat Akreditasi yang dicapai adalah Dasar dan Madya. Tahun 2018 merupakan tahun ketiga dalam pelaksanaan Akreditasi Puskesmas. Adapun Puskesmas yang akan di akreditasi yaitu Puskesmas Batang Peranap, Puskesmas Kilan, Puskesmas Rakit Kulim, Puskesmas Lirik, Puskesmas Sei. Parit dan Puskesmas Kulim Jaya” tutur Plt. Kadiskes Inhu Elis Julinarti, DCN., M.Kes.

Untuk itu kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu diharapkan dapat memaksimalkan upaya agar semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu dapat terakreditasi sesuai dengan tahapan dan ketentuan yang berlaku.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>