Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Laksanakan Posbindu PTM

Posbindu PTM

Rengat – Dinkes Inhu. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu penyebab kematian utama terbesar dari seluruh kasus kematian yang terjadi diseluruh belahan dunia. Kondisi ini terjadi akibat perubahan perilaku manusia dan lingkungan yang cenderung tidak sehat. Penyakit tidak menular (PTM) sering kali tidak bergejala dan tidak menunjukan tanda klinis secara khusus sehingga datang sudah terlambat atau pada stadium lanjut.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Hj. Elda Fitriani, S.Farm., Apt, Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risikonya.

‘’Penyakit Tidak Menular (PTM) ini dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risikonya seperti Merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktifitas fisik dan konsumsi minuman beralkohol. Bagi yang mempunyai faktor risiko atau yang sudah menyandang PTM pengendalian berfungsi untuk mencegah komplikasi, kecacatan, kematian dini serta meningkatkan kualitas hidup” jelas Kabid P2P Dinkes Inhu Hj. Elda Fitriani, S.Farm., Apt.

Salah satu strategi pengendalian PTM yang efisien dan efektif adalah dengan melakukan pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat dengan mengadakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat melakukan kegiatan Deteksi Dini dan Monitoring faktor risiko PTM serta tindak lanjutnya yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Dalam rangka Deteksi Dini dan Monitoring faktor risiko PTM khususnya pada keluarga besar Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, Pada Kamis  (11/10/2018 ), Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang P2P Bagian Pencegahan dan Pengendalian PTM, Kesehatan Jiwa dan NAPZA melaksanakan Posbindu  PTM bagi Karyawan dan Karyawati Dinas Kesehatan Kab. Inhu. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dini karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan dalam deteksi dini, pemantauan faktor risiko PTM dan bagaimana tindak lanjutnya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Elis Julinarti, DCN, M.Kes menyambut baik kegiatan ini karena melalui Posbindu PTM ini dapat lebih meningkatkan sikap mawas diri masyarakat terhadap faktor risiko PTM khususnya pada diri karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kab. Inhu.

“Dengan adanya Kegiatan Posbindu PTM ini, saya berharap masyarakat terutama karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kab. Inhu dapat lebih meningkatkan sikap mawas dirinya terhadap faktor risiko PTM sehingga risiko mengalami PTM dapat diminimalisir. Sikap mawas diri ini ditujukan dengan adanya perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat dan pemanfaatan fasilitas kesehatan tidak hanya pada saat sakit, melainkan juga pada keadaan sehat” tutur Kadiskes.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>