Sosialisasi dan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Germas

Rengat, Dinkes Inhu. Pada kamis (8/11/2018), Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Bagian Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengadakan Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama serta menyatukan komitmen dan kesepakatan lintas sektor dan lintas program terkait dalam rangka pelaksanaan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kab. Inhu. Kegiatan ini dihadiri oleh lintas sektor dan lintas Program terkait dan di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam sambutannya, Sekdakab Inhu Ir. H. Hendrizal, M.Si menyampaikan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tidak bisa sukses jika hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, peran Pemerintah baik pusat maupun daerah dan sektor lainnya yang terkait juga turut menentukan.

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan Gerakan Nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan Upaya Promotif dan Preventif, tanpa mengesampingkan upaya Kuratif-Rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk mensukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, peran Pemerintah baik pusat maupun daerah dan sektor lainya serta seluruh lapisan masyarakat juga turut menentukan” Ujar Sekdakab Inhu.

Dalam kehidupan sehari-hari praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku hidup tidak sehat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Elis Julinarti, DCN., M.Kes menjelaskan bahwa Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

“GERMAS adalah salah satu cara meningkatkan perilaku hidup sehat masyarakat. Pelaksanaan GERMAS harus di mulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan, serta menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin” tutur Kadiskes Inhu.

Tambahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>