#popmkecacingan#puskesmaslirik#obatmassal#

Kecacingan salah satu masalah Kesehatan masyarakat. Kecacingan merupakan penyakit infeksi disebabkan oleh parasit berupa cacing. Kelompok umur yang paling rentan terinfeksi kecacingan adalah anak-anak.

Kecacingan dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan, anemia, gangguan tumbuh kembang, gangguan perkembangan kognitif, berat badan rendah dan produktivitas penderita. Kecacingan dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar telur cacing atau melalui tanah.

Dalam rangka Pemberian Obat Pencengahan Massal ( POPM) Kecacingan. Anak Indonesia Bebas Kecacingan, Puskesmas Lirik bekerja sama dengan Lintas Program dan Lintas Sektor Seperti Posyandu, TK, ,Puad,dan Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kerja Puskesmas Lirik. Pemberian obat Cacing Massal ini bertujuan untuk menurunkan angka prevalensi kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi.

Obat yang digunakan dalam pelaksanan Program ini adalah albendazole. Albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing.

Berdiri pada tahun 1989, dengan luas wilayah 220,4 km

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.