Uncategorized

BANJIR DIDESA PETONGGAN KECAMATAN RAKIT KULIM

Kami dari puskesmas rakit kulim melakukan pendataan warga yang rumah terdampak banjir agar dapat melakukan pelayanan kesehtan ,Melakukan pemantauan kesehatan bagi kelompok rentan seperti anak-anak,ibu hamil,dan lansia.

bencana banjir pasti meningkatakan tranmisi penyakit menular yang bisa terjadi melalui dua cara yaitu melalui air dan melalui vector .

potensi infeksi penyakit berupa leptospirosis,saluran pernapasan,pencernaan,akan terjadi juga sewaktu banjir. Penyakit zoonosis ini ditularkan dari darah atau urine hewan terinfeksi, utamanya anjing, hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi. Oleh karenanya, diperlukan upaya pencegahan berupa pengendalian vector penyakit, upaya pencegahan serta deteksi dini orang yang terinfeksi, sehingga dapat segera dilakukan tindakan pengobatan dan juga mencegah menularkan ke orang lain.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terinfeksi penyakit yaitu:

1. Tetap mengkonsumsi air minum bersih, air yang dikonsumsi dipastikan direbus dulu atau dilakukan desinfektan, menggunakan garam rehidrasi oral untuk mencegah dehidrasi.
2. Cuci makanan dan bahan makanan dengan air bersih dan hindarkan dari kontak dengan air banjir, cuci semua pakaian yang telah terkontaminasi air banjir dengan air bersih dan sabun.
3. Desinfeksi benda-benda yang kontak dengan air banjir.
4. menggunakan obat nyamuk dengan DEET, picardin atau minyak lemon eucalyptus, waspada ekstra saat fajar dan senja karena nyamuk aktif pada saat itu.
5. Selalu cuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.