Kegiatan Uncategorized

TBC ANAK …..

Puskesmas Batang Peranap, Puskesmas Batang Peranap Kegiatan Penyuluhan Serentak Tentang TBC pada Anak Tanggal 24 Maret 2023.

PENGERTIAN TBC,, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman tersebut dapat menyerang bagian bagian tubuh kita seperti paru – paru, tulang sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otak, dan lain – lain.TBC bukan penyakit ke5turunan , bukan penyakit kutukan atau guna – guna. TBC dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat , bila tidak dapat menyebabkan kematian.

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT TBC
1. Gejala Pokok : Batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih
2. Gejala Tambahan :
a. Demam dan meriang sebulan atau lebih
b. Nyeri dada dan sesak napas
c. Nafsu makan dan berat badan menurun
d. Dahak bercampur darah
e. Keluar keringat di malam hari tanpa ada kegiatan
f. Badan Lemah , kurang bergairah.

CARA PENULARAN TBC DAN PENYEBARAN KUMAN TBC
Kuman TBC disebarkan oleh penderita TBC yang belum berobat, yang batuk dan bersin tanpa menutup mulutnya kemudian masuk kedalam paru – paru manusia melalui saluran pernapasan. Mycobacterium tuberculosis juga dapat masuk dalam tubuh melalui saluran pencernaan dan luka terbuka pada kulit ( lebih jarang ). TBC dapat menyerang siapa saja ( laki laki , perempuan , tua , muda , miskin maupun kaya). Terutama mereka yang tinggal didalam rumah gelap , lembab , dan ventilasi udara yang tidak baik.

Dengan diadakan penyuluhan ini Masyarakat Di wilayah kerja Puskesmas Batang Peranap Dapat mengenali Batuk biasa Dengan Batuk Yang Mengarah ke penyakit Tbc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.