Kegiatan Ragam Berita Uncategorized

UPTD Puskesmas Kilan bekerja sama dengan lintas sektor dan Bidan Desa setempat melaksanakan fogging di 4 Desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan

May be an image of 3 people, people standing, outdoors and text that says "R ( QUAD CAMERA"Kegiatan Fogging Fokus DBD di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan, Pelaksanaan Pengasapan (Fogging) dalam rangka menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.
Sabtu , 25 Desember 2021 UPTD Puskesmas Kilan bekerja sama dengan lintas sektor dan Bidan Desa setempat melaksanakan fogging di 4 Desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan karna adanya beberapa masyarakat yang terkena DBD. Adapun pelaksanaan fogging telah memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu melalui kegiatan Penyelidikan Epidemiologi oleh Tim Surveilans Puskesmas Kilan.
Fogging tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi harus berdasarkan laporan kasus Demam Berdarah Dengue yang diperoleh dari puskesmas.
Kegiatan Pengasapan (Fogging) ini dilakukan dengan fogging focus,yakni pengasapan dengan fokus lokasi dalam radius tertentu. Fogging pun hanya bisa dilakukan jika di sebuah daerah ditemukan kasus DBD. Kalau ditemukan kasus, petugas akan melakukan penyelidikan epidemologi di lokasi dengan radius 100 meter. Karena nyamuk hanya bisa terbang maksimal 100 meter.
Pelaksanaan fogging focus tidak bisa dilakukan secara luas. Petugas hanya melakukan fogging dalam radius 200 meter, Fogging yang dilakukan itu bertujuan untuk memberantas nyamuk-nyamuk dewasa yang kemungkinan baru melewati masa pertumbuhannya,tapi bukan pada jentiknya. Seperti diketahui, hanya dibutuhkan waktu delapan hari untuk jentik nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa. Untuk itu kami terus menghimbau kepada seluruh masyarakat kecamatan Batang Cenaku agar tetap selalu waspada yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan pencegahan2 DBD seperti yg sudah di share dimedia sosial (FB Puskesmas Kilan), semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat🤲🤲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.