Kegiatan Ragam Berita Terkini Uncategorized

Sosialisasi Frambusia dilingkungan pelayanan tingkat dasar dalam rangka Indragiri Hulu menuju Eradikasi Frambusia Tahun 2022

May be an image of 8 people, people sitting and people standingSosialisasi Frambusia dilingkungan pelayanan tingkat dasar dalam rangka Indragiri Hulu menuju Eradikasi Frambusia Tahun 2022
Frambusia adalah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini umumnya terjadi di wilayah dengan iklim hangat,

seperti Asia atau Afrika. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan seumur hidup, terutama pada anak-anak.

Gejala frambusia

Frambusia adalah penyakit yang mudah diobati dan jarang berakibat fatal. Akan tetapi, penyakit ini dapat menyebabkan kelainan bentuk atau gangguan mobilitas.

Gejala frambusia yang paling utama adalah munculnya lesi mirip buah beri pada kulit wajah, tangan, kaki, dan area kemaluan.

Penanganan penyakit frambusia tergolong mudah, tapi harus diberikan secepatnya. Jika Anda merasa mengalami gejala frambusia, segera periksakan diri ke dokter .

Untuk menangani penyakit frambusia pada tahap awal, dokter cukup memberikan satu suntikan antibiotik, biasanya jenis penisilin atau azithromycin.

Sementara itu, untuk menangani penyakit frambusia tahap lanjutan, pengobatan antibiotik dalam dosis mingguan dapat diberikan. Kasus frambusia yang kambuh kembali setelah sembuh total sangat jarang terjadi.

Acara hari ini dibuka ibu Koord Admin Ns. Nunuk wijayanti,S.Kep selaku moderator dalam kegiatan sosialisasi, dihadiri oleh Narasumber Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular (P3M) dan tim Dinkes Indragiri Hulu , adapun Peserta dari kegiatan tersebut adalah seluruh Staff UPTD Puskesmas Kilan.

Kegiatan ini dapat bersinergi dengan lintas program melalui pendekatan keluarga dan Mengedepankan Masyarakat Hidup Sehat.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat dalam menuju Indragiri Hulu Eradikasi Frambusia tahun 2022 dengan tetap melakukan upaya-upaya pengendalian melalui Promosi Kesehatan dan surveilance aktif. Selaku Plt kepala UPTD Puskesmas Kilan Ibu Tengku Ernita ,S.ST mengucapkan trimakasih kepada bapak ibu tim dari Dinkes kab Inhu atas kunjungan bimbingan arahan serta materi yang disampaikan semoga kami dapat menerapkan menyampaikan menjalankan program program terintegrasi terkait frambusia kepada masyarakat baik melalui pelayanan didalam gedung maupun kegiatan diluar gedung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.