Kegiatan

Pelaksanaan pemberian Vitamin A diposyandu wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan

May be an image of 2 people, hospital and textUPTD Puskesmas Kilan melalui Program Gizi melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A di 23 Posyandu Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kilan.

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi bayi dan balita karena vitamin A akan melindungi bayi dan balita dari beberapa risiko penyakit sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita lebih optimal.

 

Pemberian vitamin A pada bayi dan balita memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare
  2. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita.
  3. Berperan penting dalam fungsi penglihatan                                                      Pencegahan  kekurangan vitamin A dilakukan  dengan cara makan makanan bergizi seimbang dan sumber vitamin A baik dari protein Hewani seperti ikan, daging ayam, telur daging sapi, hati, sayuran (bayam, daun kelor, wortel dll) dan buah serta minum kapsul vitamin A yang dapat diperoleh secara gratis di Puskesmas atau di di Posyandu pada bulan ini.

Cara pemberian kapsul vitamin A yaitu :

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer sebelum memberikan kapsul vitamin A
  2. Potong ujung kapsul dengan gunting yang bersih dan kering
  3. Beri kapsul vitamin A sesuai umur balita dan pastikan isinya tidak ada sisa
  4. Kalau sudah minum, catat di buku KIA atau laporkan kepada kader atau tenaga kesehatan
Dalam Posyandu ini juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat. Kegiatan posyandu dan manfaatnya bisa semakin dirasakan jika diikuti secara rutin. Orang tua balita sangat antusias mengantar anaknya ke posyandu untuk mengikuti posyandu ini guna mendapatkan pelayanan kesehatan
Mari sukseskan pemberian vitamin A bagi anak-anak kita yang akan dilaksanakan serentak di semua posyandu di bulan oktober 2023! “GRATISS”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.