Kegiatan Ragam Berita Terkini Uncategorized

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan

May be an image of 6 people, people sitting, people standing and headscarfUPTD Puskesmas Kilan melalui program imunisasi melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).
Pelaksanaan kegiatan pemberian imunisasi pada siswa Sekolah Dasar, yakni pemberian vaksin Difteri dan Tetanus (DT) dan vaksin Tetanus (Td) kepada siswa-siswi yang dilaksanakan di 16 Sekolah Dasar (SD) Wilayah kerja UPTD Puskesmas kilan .
Pemberian kedua imunisasi ini dilakukan di sekolah-sekolah, yaitu dengan jenis Vaksin seperti berikut:
Kelas 1 SD, diberikan imunisasi diphteria tetanus (DT) setiap bulan November.
Kelas 2 dan 5 SD, diberikan imunisasi tetanus diphteria (Td) di bulan November.
Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.
imunisasi DT dan TD nyatanya berbeda baik dilihat dari fungsi maupun penyebutannya sedikit sama. Imunisasi DT (diphteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi TD Td (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi Dt agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.
Kedua vaksin ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Namun, yang berbeda adalah waktu pemberian serta komposisi dosisny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.