Kegiatan Ragam Berita

Pemeriksaan Kantin sekolah

Pemantauan kantin sekolah bertujuan agar makanan dan minuman yang dibeli siswa di sekolah aman dikonsumsi. Pangan aman adalah pangan yang tidak mengandung bahaya keamanan pangan, yang terdiri atas bahaya biologis/mikrobiologis, kimia dan fisik.

Puskesmas Polak pisang melakukan pemantauan rutin terhadap jajanan yang dijual oleh kantin sekolah, dengan mengambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan apakah mengandung bahan-bahan berbahaya seperti pewarna buatan dan bahan lainnya yang tidak sehat dan dapat merusak pertumbuhan anak-anak.

Petugas dari puskesmas akan memberikan saran kepada pemilik kantin jika ditemukan jajanan yang mengandung bahan berbahaya untuk tidak dijual dan diganti dengan makanan yang lebih sehat.  Tidak hanya pemilik kantin, petugas juga menyampaikan kepada kepala sekolah dan guru untuk selalu memperhatikan jajanan yang dikonsumsi oleh siswa di sekolahnya. Karena peran guru sangat penting demi terwujudnya kantin sehat di sekolah, mengingat hal ini demi kebaikan para siswa.

Kantin sekolah mempunyai peran yang penting dalam mewujudkan kesehatan dan dapat menentukan perilaku makan siswa sehari-hari melalui penyediaan makanan jajanan disekolah. Makanan yang sehat dijual di kantin sekolah seperti buah. Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk anak usia sekolah. Buah-buahan yang dapat dijual dalam bentuk untuh seperti pisang, jambu, jeruk dan lain-lain.

Selain dari makanan yang sehat, kita juga perlu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan sebelum makan serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan dilakukannya pemantauan kantin oleh petugas puskesmas diharapkan kantin di sekolah bisa menjual jajanan yang aman dan bergizi untuk siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.