Kanker rahim adalah salah satu jenis penyakit yang berkembang di dalam lapisan rahim. Rahim adalah organ kosong menyerupai buah pir yang terletak di antara kandung kemih dan rektum pada tubuh wanita

jenis-jenis dari kanker rahim?

  1. Kanker endometrium

Sarkoma uterus

 

Tanda-tanda & gejala

Berikut adalah gejala-gejala awal dari penyakit ini yang paling umum ditemukan:

  1. Pendarahan setelah menopause
  2. Pendarahan yang terlalu banyak
  3. Pendarahan terjadi di antara siklus menstruasi
  4. Keluar cairan berwarna dan berbau tidak sedap dari vagina
  5. Nyeri perut yang sering muncul
  6. Rahim terasa membesar, hingga teraba di area panggul
  7. Sakit panggul

Apa penyebab kanker rahim?

Kemunculan kanker rahim berawal dari mutasi gen yang terjadi di lapisan sel rahim. Mutasi gen ini menyebabkan sel-sel tubuh yang sehat mengalami kerusakan.

Sel-sel tubuh yang normal akan membelah diri dan tumbuh pada kecepatan yang wajar, kemudian mati dan digantikan dengan sel-sel yang baru. Namun, apabila sel-sel tersebut bermutasi dan rusak, perkembangannya menjadi tidak terkendali dan terus hidup.

Sel-sel yang rusak ini akan menumpuk dan membentuk jaringan tumor. Bahkan, sel-sel tersebut dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan organ-organ tubuh lainnya. Proses ini disebut dengan metastasis.

Hingga saat ini, penyebab dari bermutasinya sel-sel tubuh manusia masih belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli telah menemukan beberapa faktor risiko yang memicu terjadinya mutasi sel-sel tubuh, salah satunya adalah obesitas dan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker rahim?

Kanker rahim adalah penyakit yang dapat menyerang setiap wanita dari hampir seluruh golongan usia. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.