Kegiatan Ragam Berita Terkini Uncategorized

Edukasi Gizi Seimbang wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan

May be an image of 12 people, people standing, people sitting and indoorPelaksanan Kegiatan Edukasi Gizi Seimbang wilayah kerja UPTD Puskesmas Kilan. Mengenalkan manfaat gizi penting bagi anak-anak agar mereka mengetahui kandungan yang terdapat dalam makanan. Memvariasikan beragam jenis makanan pada menu sarapan, makan siang, dan makan malam setiap hari juga penting untuk menjaga gizi seimbang anak. kandungan makanan dengan gizi seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh anak dalam berkarya dan beraktivitas.

Anak sekolah mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental, dan emosional yang sangat cepat. Makanan yang mengandung unsur gizi yang sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang. Dengan mengonsumsi makanan yang cukup secara teratur, anak akan tumbuh sehat sehingga mampu mencapai prestasi belajar yang tinggi.

 

Salah satu cara untuk meningkatkan status gizi adalah melalui pendidikan gizi yaitu peningkatan pengetahuan yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan gizi seimbang dan pembagian media belajar (leaflet). Menurut WHO, pendidikan gizi bertujuan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif yang berhubungan dengan makanan dan gizi. Salah satu upaya peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan.

Edukasi gizi seimbang pada Anak  bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang bagi Anak di wilayah kerja Puskesmas Kilan. Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan pemberian teori materi gizi seimbang. Kegiatan edukasi gizi seimbang dilakukan pada bulan Oktober  2022 . Semua peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi ini.

Diharapkan kegiatan edukasi gizi seimbang ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan remaja serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun 10 pedoman gizi seimbang yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

• Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.

• Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak.

• Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.

• Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.

• Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

• Biasakan sarapan pagi.

• Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.

• Banyak makan buah dan sayur.

• Biasakan membaca label pada kemasan pangan.

• Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.