INDRAGIRI HULU РKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indargiri Hulu, Elis Julinarti,DCN.M.Kes membuka secara resmi Acara Kegiatan Sosialisasi Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)  yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu pada hari Rabu tanggal 14 September 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu yang mendukung Visi dan Misi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu untuk merajut keterpaduan untuk masyarakat Indragiri Hulu lebih sejahtera.

Seperti yang kita pahami bersama bahwa ini bukan hal yang mudah dan merupakan tugas kita bersama untuk mencapai target tersebut. Maka dari itu perlunya  sosialisasi kepada beberapa sektor yang terkait dalam mendukung program tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh TP.PKK dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu serta dinas yang terkait yakni : Dinas DPMPTSP,Dinas Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Tujuan kegiatan ini dilakukan, agar masyarakat dapat mengerti bagaimana mencegah penyalahgunaan bahan kimia berbahaya pada produk rumah tangga, penyediaan produk rumah tangga yang aman dan bermutuserta menjaga sanitasi lingkungan yang baik.

Ibu Elis Julinarti dalam sambutanya menyampaikan agar para peserta yang hadir mampu meningkatkan kemandirian masyarakat di bidang PKRT, sehingga dapat melakukan pengawasan pada produk-produk rumah tangga secara mandiri dalam upaya menjamin pemenuhan kebutuhan produk yang aman sampai perorangan sekaligus memperkuat ekonomi desa melalui program desa yang terintergrasi dengan progam industry kecil menengah (IKM). Serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) adalah alat, bahan atau campuran bahan untuk pemeliharaan dan perawatan untuk kesehatan manusia, yang ditujukan untuk penggunaan di rumah tangga dan fasilitas umum. Oleh karena itu, alat kesehatan dan PKRT haruslah bermanfaat, bermutu, serta aman Ketika digunakan, sehingga harus diproduksi dan didistribusikan secara benar sesuai standar dan peraturan agar tetap memenuhi syarat, presisi dan aman.

Beliau menyampaikan beberapa produk rumah tangga yang kiranya digunakan sehari-hari dapat kita produksi sendiri di rumah dan hal ini diperlukan pemahaman dan mengerti dasar hukum, cara pembuatan PKRT yang baik. Kegiatan Seperti ini sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2021 dihadiri oleh organisasi pemuda, seperti Karang Taruna,Pelajar dan  Mahasiswa

Produk PKRT perlu diperkenalkan dengan pendekatan pemberdayaan yang inovatif berkaitan erat dengan kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan, teknologi dan budaya. Ibu Aidar Yetti,S.Sos dan Ns.Noviyanti J.S.Kep.M.KL selaku narasumber pada kegiatan ini memberikan materi berupa Kebijakan PKRT, Petunjuk Pelaksanaan Sertifikasi PKRT, Cara Pembuatan dan Pelabelan yang baik.

Mudah mudahan materi yang disampaikan oleh narasumber yang bertasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dapat dimengerti oleh para peserta pertemuan sosialisasi Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) sehingga dapat di aplikasikan di masyarakat dan mampu mewujudkan perubahan pola piker masyarakat tentang bagaimana pentingnya produk Rumah Tangga dari segi Mutu dan kwalitas untuk menumbuhkan masyarakat yang sehat,bersih dan cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.