Rengat, Dinkes Inhu. Setiap tahunnya, 12 November merupakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional. Hari Kesehatan Nasional bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Tahun ini, tepat ke- 55 tahun Insan Kesehatan merayakannya dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Peringatan HKN ini biasanya disambut dengan beragam rangkaian kegiatan.

Kamis (14/11/2019), Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional ini antara lain Lomba Mars Hidup Sehat, Lomba Kreasi Cuci Tangan Pakai Sabun dan Lomba Lempar Tepung bersambung. Lomba diikuti oleh seluruh Karyawan/i baik di Dinas Kesehatan, RSUD maupun UPTD. Puskesmas Se- Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan lomba dimaksud adalah untuk menjalin silaturahmi dan persaudaraan sesama Insan Kesehatan dalam pengabdian di masyarakat Inhu.

“Adapun tujuan diadakannya lomba peringatan Hari Kesehatan Nasional ini adalah menjalin silaturahmi dan persaudaraan sesama Insan Kesehatan dalam pengabdian di masyarakat Inhu serta terus mengkampanye cuci tangan pakai sabun sebagai edukasi dalam berperilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat seperti yang tertuang dalam logo tahun ini yang menggambarkan gotong royong, bekerja bersama-sama untuk mencapai kualitas sumber daya manusia indonesia yang lebih sehat, produktif, mandiri, dan unggul” ungkap Elis Julinarti, DCN., M.Kes.

Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kabupaten Indragiri Hulu dilaksanakan pada tanggal 18 November 2019 pada Upacara Senin di Halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu. Upacara dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD, ASN dan Honorer Pemerintah Kab. Inhu serta seluruh Insan Kesehatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu Adapun rangkaian kegiatan pada upacara tersebut yakni pembacaan Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia oleh Bapak Wakil Bupati Indragiri Hulu H. Khairizal, SE., M.Si selaku Inspektur Upacara, selanjutnya pemberian hadiah dan pernghormatan bagi Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2019, pemberian hadiah bagi pemenang lomba TOGA Se-Kab. Inhu, serta pemberian hadiah bagi pemenang lomba Rumah Tangga Ber-PHBS, lomba Desa dan Kelurahan Siaga Aktif serta lomba Posyandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *